Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Targetkan Penurunan Biaya, Disney PHK 7.000 Karyawan

Kompas.com - 09/02/2023, 09:40 WIB
Kiki Safitri,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.com – Perusahaan entertaiment, Disney melakukan PHK kepada 7.000 karyawannya atau setara dengan 3,2 persen dari total jumlah karyawannya yang sekitar 220.000 di seluruh dunia pada 1 Oktober 2022.

Mengutip Variety, CEO Disney Bob Iger mengatakan, PHK merupakan bagian dari upaya Disney untuk mencapai penghematan biaya sekitar 5,5 miliar dollar AS. Dari jumlah itu, 2,5 miliar dollar AS mewakili biaya non-konten (termasuk biaya tenaga kerja) dan 1 miliar dollar AS dari pengurangan biaya yang sedang berjalan saat ini.

“Disney juga menargetkan pengurangan biaya tahunan sebesar 3 miliar dollar AS untuk biaya konten non-olahraga,” kata CFO Disney Christine McCarthy.

Baca juga: Zoom PHK Massal 1.300 Karyawan, Gaji CEO Dipangkas 98 Persen

McCarthy mengatakan, dari 2,5 miliar dollar AS pengeluaran non-konten, sekitar 50 persen merupakan pengeluaran pemasaran, 30 persen merupakan biaya tenaga kerja, dan 20 persen mewakili biaya teknologi, pengadaan, dan lainnya.

Iger mengatakan dia tidak menganggap enteng keputusan untuk memangkas pekerjaan. Ia juga memberikan apresiasi kepada karyawan-karyawan yang selama ini berdedikasi kepada perusahaan.

“Saya sangat menghormati dan menghargai dedikasi karyawan kami di seluruh dunia,” katanya.

Baca juga: Apple Masih Bertahan dI Tengah Badai PHK Big Tech, Apa Rahasianya?

“Kami akan benar-benar memperhatikan semua keputusan yang kami buat, dalam hal entertaiment ada hal-hal di dunia yang lebih kompetitif menjadi lebih mahal," lanjutnya.

PHK yang diumumkan terjadi karena Iger juga mengumumkan struktur operasi baru untuk Disney, yang diatur dalam tiga segmen bisnis inti mencakup Disney Entertainment, ESPN dan Produk Disney.

Pada akhir kuartal 2022, Disney mencatat penurunan pelanggan atau kehilangan 2,4 juta, yang membuat Disney+ Hotstar merugi.

Baca juga: FedEx PHK 10 Persen Petinggi Perusahaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com