Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Prakerja Diperkenalkan Lagi di Forum PBB, Disebut Berdampak Positif untuk Kesejahteraan

Kompas.com - 09/02/2023, 18:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kali ketiga, program Kartu Prakerja kembali diperkenalkan serta dilibatkan dalam Forum ke-61 Commission for Social Development Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang digelar di New York, Amerika Serikat, pada Jumat (10/2/2023).

Prakerja di Forum PBB akan dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama lembaga PBB UN Women dan UNESCO Institute for Lifelong Learning.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Kartu Prakerja Cahyo Prihadi mengatakan, salah satu yang akan dibahas dalam forum tersebut adalah upaya Prakerja menjangkau banyak partisipan, termasuk mendorong pekerja perempuan mendapat pekerjaan yang lebih baik, memulai bisnis mandiri, dan meningkatkan inklusi keuangan dengan terus belajar sepanjang hayat.

"Hal ini berdampak positif pada perbaikan kondisi kesejahteraan individu dan keluarga. Sebanyak 51 persen dari peserta pelatihan Kartu Prakerja adalah perempuan dan tiga persen lainnya merupakan penyandang disabilitas," ujarnya di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Perubahan Kartu Prakerja Tahun 2023

Dia menambahkan, Prakerja terdaftar sebagai salah satu program akselerasi tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG) di platform UN DESA atau lembaga PBB yang menangani urusan ekonomi dan sosial.

"Program Kartu Prakerja mengakselerasi delapan poin SDG, termasuk kesetaraan gender dan pemenuhan pekerjaan yang memadai dan pertumbuhan ekonomi," ujar Cahyo.

Baca juga: Menko Airlangga: Penerima BSU, BPUM, dan PKH Kini Boleh Daftar Jadi Peserta Kartu Prakerja

 


Dalam kesempatan tersebut, Direktur Kemitraan, Komunikasi dan Pengembangan Ekosistem Kurniasih Suditomo kembali mengajak lembaga pelatihan untuk bergabung menjadi bagian dari ekosistem Prakerja.

Pada tahun ini, program Prakerja akan menerapkan skema normal. Selain moda daring (online), pelaksanaan program secara offline juga diterapkan. Terdapat 10 daerah pertama yang akan melakukan program tersebut, yakni Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, Pontianak, Makassar, Kupang, dan Jayapura.

Sedangkan terkait bidang-bidang pelatihan yang diprioritaskan dalam pelatihan Prakerja yakni bidang bisnis, perkantoran, manufaktur, ekonomi kreatif, teknik, pertanian, jasa perorangan, dan hospitality.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com