Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca-gempa Magnitudo 5,4 di Papua, Pertamina Pastikan Penyaluran BBM Aman

Kompas.com - 09/02/2023, 22:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca-gempa berkekuatan magnitudo 5,4 yang melanda Jayapura, Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku memastikan penyaluran BBM dan elpiji di wilayah Jayapura dan sekitarnya dipastikan aman.

Edi Mangun Area Manager Communication, Relations & CSR Papua Maluku PT Pertamina Patra Niaga mengatakan, aktivitas penyaluran dan operasional SPBU terpantau normal.

"Sarana dan prasarana penyaluran BBM serta elpiji kami pastikan aman dan tidak terdampak secara signifikan," kata Edi dalam siaran pers, Kamis (9/2/2023).

Baca juga: Pertamina akan Tambah 30 SPBU Nelayan di 2023

Edi mengatakan, berdasarkan pengamatan dan pengecekan terhadap sarpras Integrated Terminal Jayapura, tidak terdapat dampak yang signifikan terkait penyaluran BBM di area sekitar lokasi bencana.

"Tadi sempat terjadi penghentian sementara mengingat dilakukannya pengecekan terhadap sarpras operasi. Akan tetapi saat ini aktivitas penyaluran telah berjalan normal," kata Edi.

Edi juga mengungkapkan, pengecekan di sejumlah SPBU Jayapura dan sekitarnya juga sudah dilakukan. Pihak SPBU telah mengkonfirmasi bahwa aktivitas pelayanan ke masyarakat dalam keadaan normal. Keadaan sarpras juga terpantau aman dan berjalan normal.

Baca juga: Pembatasan BBM, Pertamina: 4,3 Juta Kendaraan Terdaftar di MyPertamina


"Pelayanan atas kebutuhan BBM masyarakat kami jamin aman. Tadi juga telah dilakukan pengecekan terhadap SPBU yang ada. Pendistribusian dan pelayanan ke masyarakat terpantau normal," ujar Edi.

Edi memastikan, Pertamina Patra Niaga selalu siap siaga dalam mengantisipasi segala potensi akan gempa susulan yang terjadi. Sementara itu, sarana dan prasarana operasi akan dilakukan pengecekan secara periodik guna menjaga penyaluran dan pendistribusian BBM kepada masyarakat.

"Kami turut prihatin atas bencana gempa ini, semoga kondisi segera pulih dan aman. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas secara normal kembali" kata Edi.

Baca juga: Soal IPO Pertamina Hulu Energi, OJK: Ada Sedikit Penundaan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com