Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Dilarang, TikTok Shop Masih Jual Minyakita, Harganya Capai Rp 18.000 Per Liter

Kompas.com - 13/02/2023, 14:03 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Aplikasi TikTok Shop masih menjual minyak goreng curah merek Minyakita di aplikasinya. Padahal, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sudah melarang penjualan Minyakita secara online sejak awal Februari 2023.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di aplikasi TikTok Shop, Senin (13/2/2023), ada banyak penjual online di TikTok (seller) yang jual menjual Minyakita dengan berbagai jenis harga dan kemasan.

Misalnya, seller asal Tanggerang City menjual Minyakita kemasan 1 liter botol dengan harga Rp 18.000. Bahkan, seller tersebut memberikan diskon harga yang masih jauh di atas Harga Eceren Tertinggi (HET) menjadi Rp 17.500.

Baca juga: Minyakita Langka, Kemendag Larang Penjualan secara Bundling

Lalu ada juga seller asal Bogor yang serupa, menjual Minyakita kemasan pouch 1 dus isi 12 liter dengan harga Rp 183.999.

Selain itu, ada juga seller yang menjual Minyakita ketika live di aplikasi TikTok seperti seller dengan nama pengguna sembako.id dan nanazaky shop.

Memang kedua seller tersebut tidak menjejerkan produk Minyakita ketika live sedang berlangsung. Hanya saja produk Minyakita dijejerkan pada bagian keranjangnya.

Sembako.id menjual Minyakita 1 kardus dengan harga Rp 175.000 dan nanazaky menjual Minyakita 1 dus isi 12 dengan harga Rp 175.000.

Baca juga: Tak Perlu Pakai KTP, tapi Beli Minyakita Hanya Boleh Maksimal 2 Liter per Hari


Kompas.com sudah mencoba meminta tanggapan dari aplikator. Hingga berita ini tayang, Kompas.com masih menunggu jawaban dari manajemen TikTok.

Sebelumnya, bukan hanya TikTik Shop saja yang menjual Minyakita secara online. Namun pemain e-commerce besar seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada juga serupa menjual Minyakita di aplikasinya.

Namun ketika Menteri Perdagangan melarang penjualan Minyakita secara online, para aplikator tersebut kompak menurunkan produk Minyakita.

Head of Public Affairs, Shopee Indonesia Radynal Nataprawira mengatakan, pihaknya telah menerima surat edaran dari Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan Kementerian Perdagangan terkait penutupan sementara penjualan produk Minyakita.

Baca juga: Minyakita Langka, Kok Bisa?

"Kami secara aktif terus melakukan pemantauan setiap hari dan menurunkan produk MinyaKita dari platform kami," ujar Head of Public Affairs, Shopee Indonesia Radynal Nataprawira saat dihubungi Kompas.com, Jumat (3/2/2023).

"Kami tidak menoleransi segala bentuk penjualan barang yang melanggar peraturan pada platform kami, karena kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman berbelanja yang aman, andal, dan nyaman bagi seluruh pengguna," sambungnya.

Pun dengan Lazada. Juru Bicara Lazada mengatakan, pihaknya sudah menerima surat resmi dari pemerintah untuk menurunkan produk Minyakita di platformnya.

"Kami telah menerima surat resmi dari Pemerintah. Lazada berkomitmen untuk mendukung Pemerintah dan akan mematuhi peraturan dan arahan Pemerintah," ucap Juri Bicara Lazada.

Baca juga: Daripada Bikin Repot, Mendag Tegaskan Beli MinyaKita Tak Perlu KTP

Sementara Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia Hilmi Adrianto mengatakan, pihaknya mendukung dan mematuhi kebijakan pemerintah Indonesia, termasuk peraturan penjualan minyak goreng di aplikasinya.

"Jika terdapat penjual yang terbukti melanggar, baik syarat dan ketentuan platform maupun hukum yang berlaku, Tokopedia berhak menindak dengan melakukan pemeriksaan, penundaan atau penurunan konten, banned toko atau akun, serta tindakan lain sesuai prosedur," katanya.

Baca juga: Atasi Kelangkaan Minyakita, Produsen Diminta Setor 29 Juta Liter Minyak Goreng ke BUMN Pangan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com