Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Sediakan Rusun buat MBR, Harga Sewa Rp 10.000 Per Bulan

Kompas.com - 14/02/2023, 13:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kementerian Sosial (Kemensos) berkolaborasi dalam menyediakan rumah susun (rusun) Sentra Timur Terpadu Pangudi Luhur di Kota Bekasi, Jawa Barat, untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja di sektor informal.

Menteri Sosial Tri Rismaharini berterimakasih atas dukungan Kementerian PUPR khususnya kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang telah membangun rusun. Menurutnya hal tersebut merupakan salah satu wujud perhatian pemerintah kepada MBR agar bisa memiliki hunian yang layak.

"Kami siap mengelola Rusun ini dan nantinya masyarakat yang terdata akan dikenakan biaya sewa untuk tinggal di rusun tersebut hanya Rp 10.000 per bulan. Saat ini sebanyak 93 kepala keluarga telah terdata untuk tinggal di Rusun tersebut dan diharapkan mereka bisa berusaha untuk dapat meningkatkan perekonomiannya," kata Risma dikutip dari siaran pers Kementerian PUPR, Selasa (14/2/2023).

Baca juga: Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Rumah Khusus MBR di Gorontalo Senilai Rp 6,07 Miliar

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan, rusun tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat yang bekerja di sektor informal dan berpenghasilan tidak tetap untuk dapat memiliki hunian yang layak.

Rusun Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi tersebut diperuntukkan khusus bagi eks gelandangan dan pengemis yang dibina oleh Kementerian Sosial (Kemensos).

Pembangunan satu tower rusun tersebut yang berlokasi di Sentra Terpadu Pangudi Luhur Bekasi, memiliki tinggi lima lantai sebanyak 93 unit tipe 24. Kementerian PUPR saat ini juga sedang menyelesaikan pembangunan rusun serupa di Jakarta Timur dan Kota Solo.

Baca juga: 16 Rusun Pekerja IKN Nusantara Selesai Dibangun


Dia berharap dukungan dari kementerian/lembaga terkait serta pemerintah daerah untuk mendukung pelaksanaan pembangunan Rusun untuk MBR tersebut.

"Dari 93 unit yang ada, sebanyak 88 unit tipe reguler dan 5 unit untuk difabel dengan kapasitas hunian sebanyak 362 orang. Kami juga melengkapi rusun ini dengan meubelair yang terdiri dari meja, kursi, lemari, dan tempat tidur susun di setiap huniannya. Total nilai anggarannya sebesar Rp 34,5 miliar," jelas Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com