Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelola Tol Waru - Juanda Beri Sinyal Penyesuaian Tarif

Kompas.com - 15/02/2023, 20:37 WIB
Achmad Faizal,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

 

SURABAYA, KOMPAS.com - PT Citra Margatama Surabaya (CMS) memberi signal penyesuaian tarif tol pada tahun ini. Rencana penyesuaian tarif tersebut sudah mulai dibahas di Kementerian Pekerjaan Umum.

Manajer Divisi Operasional PT CMS, Arif Fathoni belum memberikan informasi pasti mulai kapan dan berapa nilai kenaikan tarif tol Waru - Juanda. "Kenaikan akan diterapkan dalam waktu dekat," katanya kepada kompas.com, Rabu (15/2/2023).

Menurut dia, tarif tol Waru - Juanda sudah 2 tahun belum dilakukan penyesuaian. Sementara berdasarkan regulasi Undang-Undang Nomor 2 tahun 2022, evaluasi dan penyesuain tarif dilakukan 2 tahun sekali berdasarkan laju inflasi dan pemenuhan standar pelayanan minimal.

"Penyesuaian tarif tol Waru - Juanda terakhir dilakukan pada 14 Oktober 2020," terangnya.

Baca juga: Pulang Aksi dari Jakarta, 5 Kepala Desa Asal Pamekasan Kecelakaan di Tol Waru Sidoarjo

Saat ini berdasarkan Keputusan Menteri PUPR nomor 1492/KPTS/M/2020, tarif tol Waru - Juanda untuk kendaraan golongan I sebesar Rp 8.500, tarif tol kendaraan golongan II dan III sebesar 12.500, dan tarif tol kendaraan golongan IV dan V sebesar Rp 17.000.

Beroperasi sejak 27 April 2008, tol Waru - Juanda membantang sepanjang 12,9 kilometer dari simpang susun Waru di perbatasan Surabaya - Sidoarjo hingga ke kawasan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Baca juga: Tarif Tol Jakarta Bandung 2023 Lengkap di Semua Gerbang Tolnya

Dari simpang susun Waru, Tol Waru - Juanda tersambung dengan ruas tol Surabaya - Gempol dan Tol Surabaya - Mojokerto. Memberlakukan sistem operasional terbuka, tol Waru - Juanda memiliki 6 pintu gerbang tol dengan lalu lintas harian rata-rata 2 bulan terakhir sebanyak 65 ribu lebih.

Tol Waru - Juanda membuka akses jalan bebas hambatan dari simpang Waru menuju Bandara Internasional Juanda dan kawasan industri SIER serta sejumlah fasilitas umum lainnya di wilayah perbatasan Surabaya - Sidoarjo di bagian selatan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com