Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan Kerja Dosen Tetap Undip 2023, Simak Persyaratan dan Cara Daftarnya

Kompas.com - 18/02/2023, 19:29 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

KOMPAS.comUniversitas Diponegoro (Undip) membuka penerimaan dosen tetap tahun 2023. Dalam pengumumannya, Undip membuka lowongan kerja dosen tetap untuk 58 formasi.

Lowongan kerja dosen ini terbuka untuk lulusan S2 dan S2 dari dalam negeri maupun luar negeri dengan penempatan di lokasi kampus Tembalangan, kampus Jepara, maupun kampus Rembang.

"Dalam rangka pemenuhan kebutuhan dosen, Universitas Diponegoro memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mengikuti Seleksi Calon Pegawai Tetap Universitas Diponegoro Non Aparatur Sipil Negara (CPTU Non-ASN)," bunyi Surat Pengumuman dengan Nomor 196/UN7.A/UP/II/2023, dikutip Sabtu (18/2/2023).

Baca juga: Diragukan Itikadnya Lunasi Tunggakan Pajak Rp 6 Miliar, Pengusaha Ini Disandera Ditjen Pajak

Periode pendaftaran lowongan kerja dosen tetap Undip dibuka pada tanggal 17 Februari 2023 dan akan ditutup pada 6 Maret 2023. Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://rekrutmen.undip.ac.id/

Berikut informasi persyaratan, jadwal, hingga cara mendaftar lowongan kerja dosen tetap Undip tahun 2023:

Persyaratan umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Sehat yang dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Dokter yang masih berlaku (6 bulan terakhir);
  • Surat berkelakuan baik atau tidak ada catatan kriminal atau tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap (dengan menyerahkan SKCK) yang masih berlaku;
  • Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik dan afiliasinya;
  • Tidak berkedudukan sebagai Calon PNS, PNS, prajurit TNI, anggota POLRI, dan/atau tidak sedang menjalani pernjanjian/ kontrak kerja/ ikatan dinas pada instansi lain;
  • Batas usia pelamar pada tanggal 1 Maret 2023 maksimal 37 tahun bagi pelamar dengan ijazah S2 dan maksimal 45 tahun bagi pelamar dengan ijazah S3;
  • Bagi lulusan S2/S3 luar negeri melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian yang membidangi urusan pendidikan tinggi.

Baca juga: KPR Masih Jadi Bisnis Legit Bank, Potensi Pengajuannya Masih Besar hingga 5 Tahun ke Depan

Tata cara pendaftaran

  • Panitia seleksi hanya menerima pendaftaran secara online. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun antara pelamar dan panitia selama proses seleksi.
  • Pelamar wajib melakukan pendaftaran secara online terlebih dahulu melalui laman http://rekrutmen.undip.ac.id/ dengan memasukkan Email aktif, NIK (Nomor Induk Kependudukan) dan password. Pendaftaran online dilakukan pada tanggal 17 Februari - 6 Maret 2023.
  • Setelah mendapatkan notifikasi pendaftaran berhasil, pelamar melanjutkan login untuk melengkapi isian data pendaftaran onlinedengan tahapan sebagai berikut:
    • Mengisi formulir pendaftaran online
    • Mengunggah dokumen yang dipersyaratkan
  • Pelamar hanya diperkenankan melamar pada 1 formasi, dengan kualifikasi pendidikan yang sesuai.

Baca juga: Sambut Tamu WSBK Mandalika, Layanan Dermaga Gili Mas Ditingkatkan

Jadwal pendaftaran dan seleksi

Tahap 1

  • Seleksi administrasi dilakukan pada: 17 Februari - 9 Maret 2023
  • Pengumuman seleksi administrasi tahap 1 dilaksanakan pada: 15 Maret 2023

Tahap 2

  • Ujian tertulis dilaksanakan pada 20-21 Maret 2023 yang meliputi:
  • Tes tertulis kompetensi dasar dan bidang pada 20 Maret 2023
  • Psikotes pada 21 Maret 2023

Mekanisme pelaksanaan ujian akan disampaikan lebih lanjut pada laman kepegawaian undip.ac.id. Pengumuman seleksi tahap 2 dilaksanakan pada 10 April 2023.

Tahap 3

  • Tes wawancara dan tes mikro teaching dilaksanakan pada 10-12 Mei 2023

Mekanisme pelaksanaan ujian akan disampaikan lebih lanjut pada laman kepegawaian.ac.id pelamar hanya dapat melaksanakan tes tahap 2, tahap 3 pada lokasi dan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Kementerian Pertanian Fokus Kejar Hilirisasi Kelapa Genjah dengan Manfaatkan Lahan Pekarangan

 

Jika jumlah pelamar yang memenuhi syarat belum mencapai target, panitia dapat menurunkan persyaratan kualifikasi dan persyaratan umum.

Panitia dapat menambah atau mengurangi jumlah formasi sesuai kebutuhan atau hasil seleksi. Setiap pelamar wajib mematuhi dan mengikuti seluruh ketentuan yang ditetapkan.

Informasi lebih lengkap mengenai lowongan kerja dosen tetap Undip tahun 2023 bisa dilihat di laman https://rekrutmen.undip.ac.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com