Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Siap Digunakan Untuk Penerbangan Haji

Kompas.com - 18/02/2023, 21:00 WIB
Rully R. Ramli,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, dipastikan siap melayani penerbangan Haji. Kepastian ini didapat setelah Bandara Kertajati memenuhi persyaratan standar pelayanan penerbangan haji.

Pada 15 Februari lalu, Tim General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi melakukan tinjauan langsung ke Bandara Kertajati. Tim GACA melakukan peninjauan terhadap aspek keamanan dan keselamatan penerbangan, aspek pelayanan serta aspek lainnya seperti pelayanan keimigrasian, kepabeanan dan kekarantinaan (Custom, Imigration and Quarantine/CIQ).

“Tim GACA telah melakukan peninjauan kesiapan layanan Bandara Kertajati untuk penerbangan haji, dan sejumlah persyaratan yang diminta telah memenuhi standar," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni, dalam keterangannya, Sabtu (18/2/2023).

Baca juga: India dan Arab Saudi Minat Kembangkan Bandara Kertajati, Kemenhub Pararel Benahi Infrastukturnya

Lebih lanjut Ia bilang, selanjutnya GACA akan mengirimkan surat clearance kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub sebagai bukti hasil peninjauan dan pengamatan langsung ke Bandara Kertajati.

Setelah Kementerian Perhubungan menerima surat clearance, dapat dipastikan musim haji tahun 2023 ini masyarakat Jawa Barat bisa berangkat haji melalui Bandara Kertajati.

"Tentunya akan menjadi suatu kebanggaan bagi calon jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat dan sekitarnya dapat berangkat melalui Bandara Kertajati, karena dapat menghemat waktu dan tidak perlu jauh-jauh menempuh jalur darat ke Bandara Soekarno Hatta,” tuturnya.

Baca juga: [POPULER MONEY] Bandara Internasional di RI Bakal Dikurangi Jadi 15 | Luhut 3 Kali Ditegur Jokowi gara-gara F1 Boat Race di Danau Toba


Kehadiran Tim GACA yang didamping Atase Republik Indonesia di Jeddah disambut oleh perwakilan dari direktorat teknis Ditjen Perhubungan Udara, Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), PT Angkasa Pura II, beserta perwakilan instansi yang membidangi CIQ, pemerintah daerah dan instansi yang membidangi pelaksanaan ibadah Haji, untuk melakukan pengecekan dan melihat langsung kesiapan fasilitas di bandara sehingga aspek pelayanan telah terpenuhi.

"Saya minta semua stakeholder penerbangan yang terlibat dalam persiapan penerbangan haji menjalankan pelayanan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, sehingga penyelenggaraan penerbangan haji yang tinggal beberapa bulan dapat terselenggara dengan baik," ucap Kristi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com