Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 10 Presiden Terkaya di Dunia pada 2023

Kompas.com - 22/02/2023, 10:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden atau kepala negara sebagai pemimpin tertinggi sebuah negara bisa berasal dari berbagai kalangan. Kekayaan yang dimiliki masing-masing pemimpin negara pun berbeda.

Tapi, tahukah kamu siapa presiden terkaya di dunia pada 2023?

Melansir Bscholarly, Rabu (22/2/2023), ada banyak pemimpin dunia yang menjadi miliarder saat ini, termasuk raja, presiden, sultan, dan ratu. Namun, artikel kali ini hanya akan membahas 10 presiden terkaya di dunia pada 2023, berikut daftarnya:

1. Vladimir Putin (Rp 608 triliun)

Presiden Rusia Vladimir Putin memiliki kekayaan bersih 40 miliar dolar AS atau setara Rp 608 triliun (asumsi kurs Rp 15.200 per dollar AS). Dia adalah salah satu presiden paling berkuasa di dunia, terkenal karena pemerintahannya yang berani dan keras.

Baca juga: Orang Terkaya RI Masih Rajin Koleksi Saham BYAN di Tengah Pelemahan Harga yang Dialami

Mulanya Putin menjabat sebagai perdana menteri Rusia untuk periode 1999-2000. Lalu menjadi presiden pada periode 2000-2008 dan kembali menjadi perdana menteri pada 2008-2012, serta kemudian menjadi presiden tahun 2012 hingga sekarang.

Putin menjadi salah satu presiden paling populer dan terkenal di dunia setelah ekonomi Rusia terus meningkat selama delapan tahun berturut-turut pada masa jabatan pertamanya.

Bangkitnya ekonomi Rusia dari keterpurukan pasca-Komunis, serta booming komoditas pada tahun 2000-an, sangat berkontribusi pada pengembangan negara tersebut.

Vladimir Putin juga disebut-sebut memiliki kekayaan miliaran dollar AS sebagai hasil dari kepemilikan saham di sejumlah perusahaan Rusia.

2. Hassanal Bolkiah (Rp 304 triliun)

Hassanal Bolkiah adalah Sultan Brunei ke-29, yang juga merupakan Perdana Menteri Brunei. Dia adalah salah satu penguasa monarki absolut terakhir di dunia.

Putra sulung dari Sultan Omar Ali Saifuddien III dan Pengiran Anak Damit itu, naik tahta setelah ayahnya turun tahta pada 5 Oktober 1967.

Sejak 1962, Hassanal Bolkiah telah menjadi kepala negara dengan otoritas eksekutif penuh, termasuk kekuasaan darurat. Pada 2006, dia menyatakan dirinya tidak dapat diganggu gugat di bawah hukum Brunei.

Selama lebih dari satu dekade, Hassanal Bolkiah dianggap sebagai salah satu orang terkaya di dunia, dengan total kekayaan bersih lebih dari 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp 304 triliun. Setelah Ratu Elizabeth II, dia adalah raja yang paling lama berkuasa di dunia.

3. Salman Bin AbdulAziz Al-Saud (Rp 273,6 triliun)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com