Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Beroperasi April, Jarak Tempuh Bekasi-Tanjung Priuk Jadi 35 Menit

Kompas.com - 22/02/2023, 17:40 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) Seksi 4 yang menghubungkan Tarumajaya-Cilincing sepanjang 7,4 kilometer diharapkan dapat beroperasi pada April 2023 mendatang.

Direktur Utama PT Pelindo Solusi Logistik Joko Noerhudha mengatakan, dengan beroperasinya Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4, jarak tempuh dari Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priuk menjadi lebih pendek yaitu dari sebelumnya 2-3 jam menjadi 35 menit.

"Kalau kondisi padat mungkin jadi enggak menentu antara 2-3 jam (jarak Bekasi menuju Pelabuhan Tanjung Priuk). Hal tersebut dengan hadirnya JTCC ini alternatif dari Bekasi untuk menuju ke Tanjung Priuk hanya menjadi 35 menit," kata Joko saat ditemui di Proyek Jalan Tol JTCC Seksi 4, Jakarta Utara, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: Cara Cek Tarif Jalan Tol lewat Google Maps

Joko mengatakan, ketepatan waktu yang dihadirkan Tol Cibitung-Cilincing ini akan bermanfaat bagi para pelaku industri khususnya pengiriman barang ke Pelabuhan Tanjung Priuk.

"Kami harapkan dengan adanya JTCC seluruh pelaku industri transportasi lebih bagus dan utilisasi jadi bagus tepat waktu dan terencananya moda transportasi dari dan ke Pelabuhan Tanjung Priuk," ujarnya.

Joko juga mengatakan, pada awal beroperasi, tarif Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 akan digratiskan pada Lebaran 2023 atau dalam kurun waktu 2 Minggu.

"Kita pikir untuk Lebaran kita free kan dululah, masih free (untuk) 2 Minggu," tuturnya.

Baca juga: Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 Rampung, Beroperasi April 2023

Lebih lanjut, Joko mengatakan, proses Uji Layak Fungsi Tol Cibitung-Cilincing Seksi 4 akan dilaksanakan oleh tim Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) untuk memastikan kesiapan fisik konstruksi. Proses Uji Layak Fungsi ini, kata dia, diharapkan selesai pada Maret 2023.

"Sehingga bulan April (JTCC Seksi 4) bisa dioperasikan secara penuh sebagai bagian dari jaringan jalan yang mendukung akses transportasi terutama dalam menghadapi Lebaran," ucap dia.

Untuk diketahui, Tol Cibitung-Cilincing sepanjang 34,7 kilometer ini terdiri dari 4 seksi, yaitu Seksi 1 Cibitung-Telaga Asih, Seksi 2 Telaga Asih-Gabus, Seksi 3 Gabus Tarumajaya dan Seksi 4 Tarumajaya-Cilincing.

Adapun Tol Cibitung-Cilincing Seksi 1 telah beroperasi sejak 31 Juli 2021. Sementara Seksi 2 dan Seksi 3 juga sudah beroperasi pada September 2022.

Tol Cibitung-Cilincing dibangun dan dioperasikan oleh PT Cibitung Tanjung Priok Tollways (PT CTP). Saham PT CTP Tollways dimiliki oleh PT Akses Pelabuhan Indonesia (99,998 persen) dan PT Menara Maritim Indonesia (0,002 persen). Kedua perusahaan ini merupakan anak usaha SPSL.

Baca juga: Simak Promo HUT BCA Hari Terakhir di KFC, Subway sampai Hokben

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com