Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Siapkan 10.440 Slot Mudik Motor Gratis 2023, Pendaftaran Dibuka Maret

Kompas.com - 23/02/2023, 08:10 WIB
Haryanti Puspa Sari,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) kembali menggelar program Motis (Motor Gratis) untuk mendukung Angkutan Lebaran 2023.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api, Djarot Tri Wardhono mengatakan, pihaknya menyediakan 10.440 kuota untuk pengiriman motor secara gratis ke lokasi tujuan mudik penumpang selama periode Angkutan Lebaran 2023 mendatang.

Djarot juga menargetkan program Motis 2023 dapat melayani lebih dari 46.720 penumpang.

"Tahun ini kami akan siapkan sebanyak 10.440 slot motor yang secara gratis dikirimkan ke lokasi tujuan mudik penumpang pada Lebaran mendatang, terlebih di tahun ini kami sediakan kapasitas Motis yang jauh lebih banyak daripada tahun lalu, karena kondisi Covid-19 saat ini sudah jauh lebih kondusif," kata Djarot dalam keterangan tertulis, Rabu (22/2/2023).

Baca juga: 8 Cara Beli Tiket Kereta Lebaran via KAI Access

Djarot mengatakan, program Motis ini akan melayani tiga lintas pelayanan di antaranya, Lintas Utara dengan rute Cilegon - Jakarta Gudang - Semarang Tawang; Lintas Tengah dengan rute Jakarta Gudang - Purwosari dan Lintas Selatan dengan rute Kiraracondong - Purwosari.

Ia mengatakan, DJKA akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO di mana peserta program Motis akan mudik bersama kendaraan motornya dengan tarif yang terjangkau.

"Cukup membayar tarif mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000 saja peserta Motis dapat bermudik ke kampung halamannya," ujarnya.

Baca juga: Libur Lebaran 2023, Lion Air Tambah 30 Rute Baru

Jadwal daftar program Motis 2023

Djarot mengatakan, pendaftaran program motis 2023 akan dimulai pada tanggal 1 Maret - 3 Mei 2023.

Sementara angkutan mudik Motis akan diselenggarakan pada tanggal 11 - 20 April dan angkutan balik dilaksanakan pada tanggal 25 April - 4 Mei 2023.

"Diharapkan perjalanan mudik masyarakat lebih terakomodir dengan baik, momen ini sekaligus mengajak masyarakat agar dapat mudik dengan aman, nyaman, dan selamat," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com