Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Angkutan Lebaran 2023, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal di Surabaya

Kompas.com - 24/02/2023, 06:36 WIB
Muhammad Choirul Anwar

Penulis


KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mulai menggelar uji kelaikan kapal sebagai persiapan angkutan Lebaran 2023.

Hal ini diimplementasikan dengan digelarnya kegiatan pemeriksaan uji petik kelaiklautan kapal penumpang yang berada di wilayah Surabaya dalam rangka peningkatan keselamatan pelayaran.

Kegiatan itu sebagai tindak lanjut Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor IR-DJPL 1 Tahun 2023 tanggal 8 Februari 2023 tentang Uji Kelaiklautan Kapal Penumpang Angkutan Lebaran Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Baca juga: Kemenhub Siapkan 10.440 Slot Mudik Motor Gratis 2023, Pendaftaran Dibuka Maret

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pemeriksaan terhadap kapal KMP Kirana VII, KMP Labobar dan KMP Dorolonda yang bersandar didermaga pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur.

Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Ahmad Wahid memimpin langsung pemeriksaan tersebut, pada tanggal 22 Februari 2023.

Pelaksanaan uji kelaiklautan kapal ini juga didampingi Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak Heru Susanto.

"Uji kelaiklautan kapal penumpang dilakukan sebagai persiapan angkutan Lebaran 2023 untuk memastikan kapal-kapal penumpang yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran tahun ini yang diperkirakan akan mengalami lonjakan penumpang," ujar Ahmad Wahid dikutip dari keterangan resmi, Jumat (24/2/2023).

Baca juga: Tiang Besar di Stasiun Manggarai Ganggu Pergerakan Penumpang, Kemenhub: Untuk Ketahanan Gempa

Adapun tim uji kelaiklautan kapal penumpang terdiri dari pejabat pemeriksa keselamatan kapal dari Direktorat Perkapalan dan Kepelautan, KSU Tanjung Perak, BTKP dan Surveyor BKI.

"Para perwakilan pemilik atau operator kapal juga mendampingi pelaksanaan uji kelaiklautan kapal ini untuk memastikan temuan-temuan yang didapatkan wajib dipenuhi sebelum masa angkutan Lebaran atau 2 minggu sebelum Hari Raya Idul Fitri," ujar Ahmad Wahid.

Ahmad Wahid menjelaskan bahwa pengawasan kelaiklautan kapal khususnya kapal penumpang ini juga dilakukan secara rutin.

Pengawasan tersebut di antaranya dengan melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal, kualifikasi awak kapal, keselamatan kapal, pencegahan pencemaran dari kapal serta manajemen keselamatan dan keamanan kapal.

Baca juga: Ingin Zero Accident Saat Lebaran, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal Penumpang

“Hasil uji petik nantinya akan dilaporkan ke Direktur Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktur Perkapalan dan Kepelautan,” ujarnya.

Selain uji petik kelaiklautan kapal, Direktur Perkapalan dan Kepelautan juga menyapa para penumpang yang naik kapal tersebut.

Hal tersebut sekaligus untuk memastikan bahwa para penumpang memiliki tiket yang dibeli secara online dan mereka mendapatkan fasilitas di kapal yang sesuai dengan standar pelayanan sesuai kelas yang dibeli.

"Kita harus selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang, salah satunya dengan uji petik kelaiklautan kapal ini," tegas Ahmad Wahid.

Baca juga: Trayek Tol Laut Bertambah, Kemenhub: Permintaan Daerah Cukup Besar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com