Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sandiaga: Pelaku Ekonomi Kreatif Bisa Beri Dampak ke Kebangkitan Ekonomi dan Lapangan Kerja Baru

Kompas.com - 25/02/2023, 09:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dapat mengembangkan usahanya semakin luas ke pasar internasional, salah satunya dengan menerapkan digitalisasi.

"Pelaku ekonomi kreatif dapat memberikan dampak yang luas terhadap kebangkitan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja baru," kata Sandiaga Uno dilansir dari Antara, Sabtu (25/2/2023).

Sandiaga menyampaikan hal itu saat meninjau pelatihan dan kolaborasi dengan para penggerak UMKM ekonomi kreatif di Bali.

Baca juga: Sandiaga Ingin Harga Tiket Pesawat Turun Menjelang Lebaran

Dia pun optimistis sektor UMKM dan ekonomi kreatif dapat membuka lapangan pekerjaan dan menggandeng lebih banyak pelaku usaha.

"Saya sangat yakin bisa dilakukan untuk bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja 4,4 juta di tahun 2024," harapnya.

Sandiaga Uno menjelaskan melalui pelatihan digital, maka itu bisa menjadi solusi bagi pelaku UMKM, khususnya di Bali, dalam menunjang pemasaran produk-produk asli dari daerah untuk Indonesia maju.

Dia pun berpesan agar seluruh sumber daya manusia (SDM) terkait meningkatkan kemampuan mereka dan beradaptasi secara cepat.

Baca juga: Sandiaga Targetkan Gelaran F1 Powerboat Tarik Kunjungan 25.000 Wisatawan

"Paling penting mereka bisa mengikuti pelatihan digital dan juga pendampingan ilmu pengetahuan mengenai bonus demografi. Oleh karena itu, tenaga kerja kita memiliki kemampuan yang terus diasah, seperti up-skilling, re-skilling, dan new-skilling," jelasnya.

Menurutnya, generasi muda yang telah menjalani pelatihan dan pembinaan dapat memiliki jiwa kreatif, inovatif, produktif, dan kompetitif dalam membangun bisnis. Sehingga, dengan kemampuan itu, angka pengangguran dapat ditekan dengan semakin luasnya peluang usaha.

"Anak muda saat ini diharapkan dapat berwirausaha serta berkolaborasi dengan generasi lanjut usia untuk membuka peluang usaha seluas-luasnya," ujar Sandiaga Uno.

Baca juga: Sandiaga Sebut Regulasi Harpitnas Akan Dorong Pemulihan Industri Perhotelan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com