Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Berlubang di Tol Jakarta-Cikampek, Jasa Marga Minta Maaf dan Lakukan Penambalan

Kompas.com - 27/02/2023, 15:40 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk meminta maaf terkait keluhan para pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena adanya sejumlah titik yang berlubang. Perusahaan pun segera melakukan penanganan di sejumlah titik yang berlubang.

"Jasa Marga sampaikan permohonan maaf dan segera lakukan penanganan lubang di sejumlah titik di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," tulis Jasa Marga dalam akun Instagramnya @official.jasamarga, Senin (27/2/2023).

Perusahaan melalui anak usahanya, PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) dan PT Jasamarga Tollroad Maintenance (IMTM) selaku service provider pemeliharaan jalan tol, telah menindaklanjuti keluhan dengan melakukan patching atau penambalan sementara di lokasi lubang.

Baca juga: Grup Salim Caplok Saham Tol MBZ dari Jasa Marga

Kemudian ditindaklanjuti dengan melakukan maintenance berupa program rekonstruksi perkerasan untuk menjaga tingkat keselamatan dan keamanan pengguna jalan. Petugas melakukan patching dan perbaikan dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca serta lalu lintas kendaraan di ruas jalan tol.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan pengguna jalan akibat kondisi perkerasan jalan tol khususnya di Jalan Tol Jakarta-Cikampek," ungkap Jasa Marga.

Jasa Marga pun mengimbau para pengguna jalan tol yang dikelola perusahaan untuk mengadukan kendala jalan yang dialami melalui layanan One Call Center 24 jam di nomor 14080, Twitter @PTJASAMARGA, atau melalui aplikasi Travoy untuk pengguna iOS dan Android.

"Jasa Marga juga memberlakukan prosedur penanganan klaim dari pengguna jalan untuk kejadian-kejadian khusus. Salah satunya kerugian akibat kerusakan jalan atau karena jalan berlubang," ungkap Jasa Marga.

Sebelumnya, Sejumlah pengendara mengeluhkan kondisi jalan berlubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek yang mengakibatkan ban kendaraan mereka mengalami kerusakan. Salah satunya Ali, yang mengaku melintasi jalan Tol Jakarta-Cikampek pada Sabtu (25/2/2023) malam.

Baca juga: Selain Tol BSD, Kementerian PUPR Sebut Tol Jakarta-Cikampek Rawan Banjir

Ia masuk dari Gerbang Tol Cikampek Utama dan keluar Gerbang Tol Karawang Timur. Di sepanjang jalan tol itu memang ada sejumlah titik jalan yang berlubang, tapi tidak terlalu parah.

Baru saat melintasi beberapa kilometer menuju tikungan ke arah Gerbang Tol Karawang Timur, tepatnya di lajur dua, kendaraan terjebak lubang besar. Ali mengaku, suara ban depan mobilnya yang terjebak masuk ke lubang terdengar sangat kencang.

"Ban depan mobil saya, dua-duanya benjol, kena lubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek," kata Ali dikutip dari Antara, Senin (27/2/2023).

Namun saat itu, ia memutuskan untuk melanjutkan perjalanan karena menganggap ban dan velg-nya tidak masalah setelah terjebak lubang besar.

Baru keesokan harinya, pada Minggu (26/2/2023) pagi, Ali menyadari ban depan mobilnya sebelah kiri dan kanan, mengalami benjol setelah terjebak lubang di jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Ia kemudian mencari informasi tentang klaim ganti rugi pengguna jalan tol ke Jasa Marga, hingga akhirnya menghubungi one call center 14080.

"Saya mencoba ikuti alurnya. Apalagi saya tidak mengambil struk-nya saat masuk gerbang tol, ternyata ribet juga, tak sesuai dengan yang diharapkan," kata ali.

Baca juga: Kemenhub Sebut Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek Bakal Ditambah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com