Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambangi Pegawai Pajak di Solo, Sri Mulyani: Saya Rasakan Luka yang Sama, Harus Bangun Lagi Kepercayaan Publik

Kompas.com - 27/02/2023, 20:20 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Solo, salah satunya menyambangi Kantor Wilayah Pajak II di Solo. Ia berkesempatan berdialog dan memberikan arahan kepada para pegawai pajak di sana.

"Saya mengunjungi Kantor Wilayah Pajak II di Solo untuk bertemu seluruh pegawai Kemenkeu (Kementerian Keuangan), terutama jajaran pajak untuk berdialog dan mendengar langsung suasana hati dan kondisi para pegawai," ujarnya dalam akun Instagram @smindrawati, Senin (27/3/2023).

Sri Mulyani meyakini mayoritas pegawai Kemenkeu termasuk jajaran Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) adalah mereka yang telah bekerja secara baik, benar, lurus dan jujur. Maka, dengan kehebohan yang melibatkan salah satu pegawai pajak belakangan ini membuat mereka kecewa.

Baca juga: Profil Belasting Rijder, Klub Moge DJP yang Dibubarkan Sri Mulyani

"Mereka inilah yang merasa terluka dikhianati dan tentu sangat kecewa dengan ulah mereka yang mencemarkan nama baik Kemenkeu dan Ditjen Pajak. Saya merasakan luka yang sama," ungkap bendahara negara itu.

Meski begitu, ia menekankan, bahwa kekecewaan dan luka tersebut tidak akan membuat jajaran Kemenkeu menyerah. Sri Mulyani memastikan, semangat jajarannya tidak surut untuk menjalankan tugas negara yakni mengelola serta menjaga APBN dan keuangan negara.

Kemenkeu akan terus fokus menjalankan tugas, memperbaiki cara kerja, melayani masyarakat, dan mendengar masukan untuk perbaikan. Selain itu, akan terus meningkatkan akuntabilitas dan transparansi karena uang negara adalah amanah rakyat.

Baca juga: Sri Mulyani dan Buntut Panjang Kasus Mario Dandy Satrio

"Kepercayaan publik harus kami bangun dan raih kembali dengan terus bekerja tekun, kompeten, dapat diandalkan dan jujur," tuturnya.

Sri Mulyani pun meminta seluruh pegawai dan para pimpinan di lingkungan Kemenkeu untuk terus saling menjaga dan mengingatkan, tetap setia pada jalan yang lurus dan benar.

Ia ingin seluruh jajaran Kemenkeu terus memperkuat pengawasan internal Kemenkeu dan tegas membersihkan lembaga dari mereka yang telah mengotori dan mengkhianati integritas.

"Kekecewaan dan kegalauan tidak membuat kita patah dan kalah, namun akan membuat kita kuat dan tahan dalam badai," kata Sri Mulyani.

Baca juga: Viral Foto Dirjen Pajak Naik Moge, Sri Mulyani Minta Klub Motor DJP Dibubarkan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com