Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Permudah Konsumen Berlangganan Gaskita, PGN Hadirkan Layanan Daftar Online

Kompas.com - 02/03/2023, 18:17 WIB
Dwi NH,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) selaku subholding gas Pertamina terus meningkatkan layanan digital dalam layanan produknya.

Peningkatan layanan tersebut diwujudkan PGN dalam program jaringan gas (jargas) komersial dan rumah tangga, dengan menyediakan channel pendaftaran online melalui laman pgas.id atau PGN Mobile.

Layanan tersebut dihadirkan PGN untuk mempermudah konsumen berlangganan jargas rumah tangga “GasKita,” yang saat ini sedang gencar disosialisasikan di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, dan Tangerang Selatan (Tangsel).

Seperti diketahui, PGN telah menargetkan pembangunan jargas sebanyak 12.900 untuk sambungan rumah tangga (SRT) di wilayah Yogyakarta. Sementara di Tangsel, PGN menargetkan pembangunan sebanyak 36.000 SRT.

General Manager Sales and Operating Region (SOR) III PGN Edi Armawiria mengatakan bahwa pihaknya masih membuka kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk mendaftar berlangganan jargas di Kota Yogyakarta dan Sleman.

Baca juga: Pelayanan Bea Cukai Yogyakarta Tidak Terpengaruh Rencana Pencopotan Eko Darmanto

“Dengan pendaftaran online, calon pelanggan dapat mendaftar berlangganan GasKita kapan pun dan di mana pun,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/3/2023).

Pada laman pendaftaran GasKita, lanjut dia, calon pelanggan diarahkan untuk mengisi data alamat rumah yang akan dipasang jargas.

“Beberapa data (untuk pendaftaran) juga kami butuhkan, di antaranya mengenai penggunaan listrik yang selama ini dipakai, bahan bakar yang digunakan sebelumnya dalam satu bulan, dan peralatan gas yang dipakai,” jelas Edi.

Setelah itu, kata dia, calon pelanggan kemudian akan diminta untuk mengisi nama sesuai dengan kartu identitas, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon yang dapat dihubungi, serta alamat email.

Baca juga: Akhirnya Balas Email, Dosen UII Ahmad Munasir Mengaku Alihkan Rute ke Amerika Serikat karena Kondisi Kesehatan

Selanjutnya, kata Edi, PGN akan melakukan verifikasi dan evaluasi data yang telah dimasukkan. Kemudian, PGN akan melakukan pembangunan infrastruktur gas bumi ke lokasi calon pelanggan.

PGN cepat beradaptasi

Ilustrasi pegawai PGN sedang melakukan pengecekan jargas.DOK. Humas PGN Ilustrasi pegawai PGN sedang melakukan pengecekan jargas.

Pada kesempatan yang sama, General Manager SOR II PGN Sonny Rahmawan Abdi mengungkapkan bahwa PGN selama ini telah beradaptasi cepat dengan kemajuan teknologi yang ada.

“Seperti saat ini, digitalisasi cukup masif dan cocok diterapkan dalam layanan jargas rumah tangga PGN,” ujarnya.

Apalagi, sebut Sonny, PGN tengah melakukan ekspansi pembangunan di wilayah Tangsel. Dengan begitu, ia meyakini bahwa pendaftaran secara online melalui pgas.id atau PGN Mobile akan lebih efisien dan praktis.

Sonny berharap, layanan digital tersebut juga dapat membantu PGN dalam mempercepat pencapaian target pembangunan.

Baca juga: IEA: Pertumbuhan Energi Bersih Imbangi Kenaikan Emisi CO2

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com