Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PLN Jamin Kesiapan Pasokan Listrik untuk Dukung World Superbike 2023

Kompas.com - 02/03/2023, 20:45 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - PT PLN (Persero) siap memasok listrik dalam ajang balap motor internasional World Superbike (WSBK) Tahun 2023 yang kembali digelar di Sirkuit Mandalika pada 3 - 5 Maret 2023.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya akan memastikan persiapan infrastruktur kelistrikan untuk gelaran tersebut telah mencapai 100 persen.

”PLN terus berkomitmen memberikan yang terbaik. Kami optimis di WSBK tahun ini bisa memberikan layanan yang berkualitas. Event ini tentu akan menggerakkan roda ekonomi di daerah dan memiliki banyak multiplier effect," ucap Darmawan dalam siaran pers, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Percepat Transisi Energi, PLN Dapat Suntikan Dana Bank Jerman Rp 10,7 Triliun

Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Sudjarwo menjelaskan, saat ini persiapan untuk kelistrikan telah selesai.

Dia bilang, rangkaian persiapan dilakukan secara terpadu guna memastikan keandalan sistem kelistrikan, mulai dari sisi pembangkitan, transmisi 150 kiloVolt (kV) sampai dengan jaringan distribusi 20 kV.

“Persiapan yang kami lakukan kali ini tentunya menyempurnakan pelaksanaan event pada tahun-tahun sebelumnya. Pemeriksaan dan pengujian pada sistem kelistrikan juga telah kami lakukan dan puji syukur berhasil," kata Djarwo.

Baca juga: PLN Energi Primer Pastikan Stok Bahan Bakar Pembangkit Listrik Terjamin


Djarwo mengatakan, dalam memenuhi kebutuhan listrik selama WSBK, PLN telah berkoordinasi dengan PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku penyelenggara event.

Adapun total 10 venue yang kelistrikannya akan disuplai oleh PLN antara lain paddock, main pit building, race control, medical centre, observation deck, TV compound, VIP deluxe, bright store, Lombok Sumbawa Fest, Nusantara Fest dan UMKM.

"Suplai listrik untuk sirkuit Mandalika saat ini sebesar 5,19 Mega Volt Ampere (MVA) dan akan disuplai dari tiga jalur utama listrik yang berfungsi untuk menjaga keandalan sistem,” jelas Djarwo.

Baca juga: PLN Energi Primer Pastikan Stok Bahan Bakar Pembangkit Listrik Terjamin

Dalam WSBK 2023 ini, PLN menyiapkan utilitas pendukung untuk memastikan kelistrikan saat ajang balap berlangsung, seperti Uninterruptible Power Supply (UPS), genset dan beberapa peralatan pendukung yang telah berada di lokasi sirkuit.

Sementara itu, mobilitas peralatan ini telah dilakukan pada pertengahan bulan Februari 2023. PLN juga menyiagakan 409 petugas di 16 titik lokasi, 13 unit trafo mobile, 17 unit mobile genset, dan 20 UPS.

Di sisi pembangkitan, kondisi sistem kelistrikan Lombok saat ini memiliki daya mampu sebesar 378 megawatt (MW) dengan beban puncak 296 MW. Sehingga masih terdapat cadangan daya sebesar 82 MW yang dapat dioptimalkan.

"Tak hanya sirkuit, PLN juga melakukan pemeriksaan pada instalasi listrik yang menyuplai fasilitas umum di area sirkuit. Ini tentunya untuk menjaga kenyamanan wisatawan yang akan datang ke Mandalika selama perhelatan berlangsung," tegas Djarwo.

Baca juga: PLN Sebut Kendaraan Listrik Lebih Hemat Ketimbang BBM, Begini Perhitungannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com