Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kebijakan Bunga 0 Persen Kredit Mikro yang Diusulkan Erick Thohir

Kompas.com - 03/03/2023, 10:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah berencana untuk memberikan bunga 0 persen untuk kredit untuk pelaku usaha mikro melalui Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) seperti BNI, BRI, BTN, dan Bank Mandiri.

Program ini diusulkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir agar dapat menekan bunga kredit UMKM lebih murah.

Latar Belakang Usulan Bunga 0 Persen Kredit Mikro

Erick sempat mengungkapkan, selama ini sektor usaha mikro yang masuk dalam segmen UMKM punya andil besar dalam menopang perekonomian nasional.

Adapun sektor UMKM ini memiliki kontribusi terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia hingga 62,55 persen dan juga menyumbang serapan tenaga kerja hingga 97,22 persen.

Baca juga: Erick Thohir Ajukan Usulan Bunga Kredit 0 Persen untuk Usaha Mikro ke BI

Namun, porsi pembiayaan lembaga pembiayaan dan perbankan untuk UMKM saat ini baru 21 persen atau lebih rendah dibandingkan negara-negara tetangga.

BUMN, lanjut Erick, berkomitmen membantu target minimal 30 persen porsi pembiayaan untuk UMKM pada tahun depan.

"Sejak awal, kita terus mendorong program kerakyatan seperti KUR, PNM Mekaar dan Makmur dapat meningkat dan menjangkau lebih banyak para pelaku usaha, termasuk usaha mikro," ujar Erick dalam siaran pers, Senin (20/2/2023).

Bunga 0 Persen Kredit Mikro Butuh Dana Murah dari BI

Pada kesempatan terpisah, Erick bilang, nantinya Bank Indonesia (BI) akan memberikan dana murah ke bank Himbara agar mereka dapat memberikan kredit dengan bunga 0 persen ke pelaku usaha mikro.

"Jadi begini, di Komisi VI ditanyakan bagaimana cara menekan bunga UMKM lebih murah. Nah tentu apa yang sudah kita bicarakan dengan BI, bagaimana BI bisa memberikan dana murah ke Himbara dengan bunga 0 persen. Artinya, kalau BI memberikan bunga 0 persen ke Himbara, berarti kan bunga UMKM bisa turun beberapa persen. Itu yang kita dorong," ujarnya saat acara Economic Outlook 2023 di St. Regis Hotel Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dia telah mengupayakan realisasi dari program ini dengan mengirim perwakilannya, yakni dua Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury dan Kartika Wirjoatmodjo untuk menemui BI. Kata Erick, respons BI terhadap usulan ini sangat positif.

"Ya sangat positif. Kan sudah bikin tim. Dari BI dikirim dua orang, saya kirim dua Wamen. Serius nih," ucapnya.

Sebelumnya dalam keterangan tertulis, dia menyebutkan, pemberian bunga 0 persen untuk kredit mikro dapat segera terealisasi. Usulan ini juga telah mendapat lampu hijau dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas beberapa waktu lalu.

"Tinggal bagaimana sekarang kita mendorong hal ini menjadi kenyataan, jangan sampai kesannya yang besar dapat bunga jauh lebih murah dari yang mikro. Ini yang selalu kita coba seimbangkan," kata Erick.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com