Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bansos PKH dan BPNT Akan Dicairkan Lewat Bank Himbara dan PT Pos

Kompas.com - 05/03/2023, 10:37 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Penyaluran bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2023 akan dilaksanakan melalui Bank Himbara dan PT Pos Indonesia. 

Bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI) serta Bank Syariah Indonesia (BSI) akan menyalurkan bansos di 431 kabupaten/kota, sedangkan PT Pos Indonesia akan mengelola lebih dari 50 persen kawasan 3T, menjangkau 83 kabupaten/kota.

Disadur dari laman resmi Kementerian Sosial (Kemensos), keluarga penerima manfaat (KPM) yang dekat dengan bank bisa mengambil bansos secara tunai di cabang atau ATM terdekat.

Baca juga: Cara Cek Bansos Kemensos 2023 secara Online

Bantuan yang tidak diambil dalam waktu yang telah ditentukan, maka penyaluran bansos akan diambil alih oleh PT Pos Indonesia.

“Jadi kami sudah menyepakati itu. Semula di bank, kemudian jika beberapa hari tidak diambil maka penyalurannya itu melalui PT Pos,” ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Penyaluran bansos melalui bank bertujuan meningkatkan keuangan inklusif atau financial inclusion bagi masyarakat.

Keuangan inklusif adalah upaya menyediakan akses berbagai produk finansial kepada masyarakat secara luas, termasuk kelompok masyarakat rentan, berpenghasilan rendah, dan penyandang disabilitas.

Penyaluran bansos melalui bank juga memungkinkan masyarakat mengambil bantuan secara fleksibel karena difasilitasi oleh ATM.

Baca juga: Daftar 6 Bansos yang Akan Cair Tahun 2023

Bansos sembako tidak melalui e-warung

Ditegaskan, bansos BPNT atau sembako tahun ini tak lagi akan disalurkan melalui e-warung.

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai.

“Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 Tahun 2017. Boleh penarikan tunai atau barang. Oleh karena itu, kita menyepakati penyalurannya tunai. Pengambilannya bisa lewat ATM atau ke bank lanjut,” papar Risma.

Lebih lanjut, dituliskan bahwa penyaluran bantuan secara tunai mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan bansos.

Baca juga: Cara Cek Penerima Bansos PBI JK secara Online

Penyaluran melalui PT Pos Indonesia

Sementara itu, penyaluran bansos lewat PT Pos Indonesia dikhususkan untuk menjangkau daerah 3T dan masyarakat yang memiliki akses terbatas pada bank.

Terdapat tiga skema pencairan bantuan melalui kantor pos, sebagai berikut:

  1. Masyarakat datang secara langsung ke kantor pos dengan waktu sesuai jadwal undangan
  2. PT Pos mendatangi komunitas seperti RT, RW, kelurahan, banjar, dan komunitas masyarakat lain untuk menyalurkan bantuan
  3. Door to door, yang artinya petugas Pos akan mengantarkan langsung bantuan sosial ke rumah masing-masing, untuk penerima manfaat kelompok lanjut usia, penyandang disabilitas, dan masyarakat di kawasan 3T.

Sebagai tambahan informasi, bansos PKH dan BPNT atau bantuan sembako tahun 2023 menargetkan masing-masing sebanyak 10 juta KPM dan 18,8 juta KPM.

Masyarakat dapat melakukan pengecekan penerima bansos tahun ini secara online melalui laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id, dengan tata cara yang bisa dilihat di sini.

Baca juga: Catat, Ini 6 Bansos yang Akan Cair Tahun 2023

Baca juga: Cara Cek Penerima Bansos PBI JK, Klik cekbansos.kemensos.go.id

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com