Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krakatau Steel Bakal Bangun Pelabuhan di Cilegon

Kompas.com - 09/03/2023, 21:00 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen baja pelat merah, PT Krakatau Steel (KRAS) menggandeng PT Chandra Asri Petrochemical Tbk untuk menghadirkan pelabuhan di Kota Cilegon, yakni Pelabuhan Warnasari.

Keputusan ini diambil usai pertemuan antara PT Krakatau Steel (KRAS), PT Chandra Asri Petrochemical Tbk, dan Pemerintah Kota Cilegon. Rencananya, kesepakatan ini akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang akan dilaksanakan pada Jumat pekan depan.

Investasi dengan nilai triliunan ini, juga merupakan kelanjutan dari kesepakatan bersama yang pernah di lakukan antara Pemkot Cilegon dengan PT KS pada 21 September 2022.

Baca juga: Chandra Asri Akuisisi Saham Dua Anak Perusahaan Krakatau Steel Senilai Rp 3,24 Triliun

“Alhamdulillah, keputusan yang sangat strategis, terkait investasi yang nilainya mencapai triliunan rupiah, kami (Pemkot Cilegon, Chandra Asri Petrochemical, dan Krakatau Steel) sepakat membangun Pelabuhan Warnasari yang dipersembahkan untuk masyarakat Kota Cilegon," kata Wali Kota Cilegon Helldy Agustian dalam siaran pers, Rabu (8/3/2023).

Helldy mengatakan, untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut akan ditunjuk Person In Charge (PIC) dari masing-masing pihak yang secara maraton akan mematangkan persiapan penandatangan kesepakatan bersama.

Menurut Helldy, kesepakatan 3 pihak itu merupakan sejarah bagi Kota Cilegon, terlebih lagi dengan bersatunya Pemkot Cilegon dengan 2 industri raksasa pada bidang kimia dan baja itu untuk membangun pelabuhan.

Baca juga: Krakatau International Port Tawarkan Solusi Pengembangan Sektor Logistik dan Pelabuhan di IKN


"Tidak mudah menyatukan 3 kepentingan dalam suatu program, terlebih lagi dalam konsep pemerintahan melalui BUMD (Badan Usaha Milik Daerah),” ungkap Helldy.

Helldy menegaskan, kesepakatan ini tidak hanya bisnis semata, tetapi juga berkaitan dengan masyarakat secara luas, serta diharapkan dapat mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD), khususnya di Kota Cilegon.

“Ini bukan hanya kepentingan bisnis saja, tapi juga masyarakat. Seperti penyerapan tenaga kerja lokal, tumbuhnya usaha ekonomi mikro, meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan Insya Allah bermanfaat bagi masyarakat Kota Cilegon,” kata dia.

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Purwono Widodo Jadi Dirut Krakatau Steel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com