Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Berencana Bangun Kota Hunian Karyawan Tesla dan SpaceX

Kompas.com - 10/03/2023, 13:17 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi


NEW YORK, KOMPAS.com – CEO Tesla, SpaceX, dan Twitter, Ellon Musk resmi mengakuisisi ribuan hektare tanah di Texas. Hal itu mengawali dimulainya sebuah kota tempat para karyawan Musk akan tinggal, dan bekerja.

Wall Street Journal melaporkan, terdapat sebidang tanah dengan luasan 3.500 hektar di dekat Austin yang saat ini sedang dalam proses penggabungan dengan kota bernama Snailbrook, referensi ke maskot perusahaan terowongan Musk, the Boring Company.

Mengutip CNN, laporan tersebut juga didasari dari beberapa data termasuk akta dan catatan pembelian tanah lainnya, bagian komunikasi internal perusahaan, catatan lisensi negara bagian, hingga wawancara dengan pemilik tanah dan pejabat kota/kabupaten.

Selama bertahun-tahun, perusahaan teknologi milik Musk telah menawarkan banyak fasilitas di kawasan, yang disebut kampus, untuk merekrut pekerja dan terkadang memberi insentif kepada mereka untuk bekerja lebih lama.

Baca juga: Bos Louis Vuitton Lagi-lagi Salip Elon Musk dari Posisi Orang Terkaya Dunia

Dengan membangun kota perusahaannya sendiri, Musk dinilai dapat mengambil pendekatan itu lebih jauh. Laporan juga menuliskan bahwa Musk ingin karyawan di perusahaannya Boring Co., Tesla, dan SpaceX, yang semuanya memiliki fasilitas produksi utama di dekat Austin bisa tinggal di rumah baru dengan harga sewa yang murah.

Upaya Snailbrook itu juga dilaporkan mencakup rencana untuk membangun lebih dari 100 rumah, sampai dengan fitur lingkungan seperti kolam renang dan area olahraga luar ruangan. Hadirnya sebuah kota juga dinilai akan berbenturan dengan regulator negara bagian dan federal.

Musk pada tahun 2020 mengumumkan dia akan memindahkan kantor pusat Tesla dan kediaman pribadinya dari California ke Texas. Ini dilakukan mengingat kondisi saat itu dalam pandemi Covid-19 yang merebak di California.

Tahun lalu, Tesla membuka fasilitas manufaktur Gigafactory baru di Austin. SpaceX dan Boring Co juga memiliki fasilitas di Texas, dan Boring Co yang dilaporkan telah melakukan pembicaraan dengan Austin tentang kemungkinan membangun terowongan di kota tersebut.

Baca juga: Tesla Dapat Bebas Bea Masuk Mobil Listrik jika Bikin Pabrik di RI


Mengutip CNN, catatan properti untuk Bastrop County, yang bersebelahan dengan Austin, menunjukkan bahwa Boring Co memiliki 11 bidang tanah di satu alamat dekat Sungai Colorado dimana Musk juga mengembangan mobil listrik selama tiga tahun terakhir.

Rencananya, Texas Commission on Environmental Quality akan mengadakan pertemuan tentang rencana pembangunan pabrik pengolahan air limbah di lokasi yang sama, yang diajukan oleh LLC yang terdaftar ke eksekutif Boring Co.

Entitas Musk juga memiliki sejumlah bidang tanah yang letaknya dekat dengan bangunan komersial, perumahan, padang rumput, dan tanah pertanian. The Journal melaporkan bahwa tim Musk telah membahas penggabungan kota di Bastrop County.

Namun, County mengatakan kepada Journal bahwa mereka belum menerima aplikasi untuk pendirian yang membutuhkan sejumlah penduduk, dari Musk atau entitasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com