Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AP II Dorong Maskapai Maksimalkan Penggunaan Slot Penerbangan

Kompas.com - 10/03/2023, 18:26 WIB
Yoga Sukmana

Editor

BELITUNG, KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mendorong maskapai memaksimalkan penggunaan slot penerbangaan yang disediakan oleh operator bandara.

Hal tersebut dinilai penting sebagai salah satu upaya menggenjot pemulihan industri penerbanga setelah diterpa dampak pandemi Covid-19.

"Kami sebagai operator mendorong bagaimana slot manajemen ini semakin efektif, semakin efisien," ujar Presiden Direktur AP II Muhammad Awaluddin saat membuka acara Airlines Gathering 2023 di Belitung, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Kurangi Beban di Soetta, AP II Ingin Perluas Hub Penerbangan Umrah dan Haji di 2 Bandara

Adapun acara Airlines Gathering 2023 dihadiri oleh maskapai nasional maupun internasional.

Menurut Awalludin, sejumlah maskapai sudah berencana menambah frekuensi penerbangan atau membuka rute karena slot penerbangaan sudah disediakan oleh AP II.

Awaluddin memastikan pihaknya siap berkolaborasi dengan maskapai untuk menggenjot peningkatan jumlah penumpang pesawat pada 2023.

"Kami targetkan jumlah pergerakan penumpang 73 juta pada tahun ini," kata dia.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Terbaru Kereta Bandara Soekarno-Hatta

Ia berharap kolaborasi antara operator bandara dan maskapai didukung penuh oleh regulator yakni Kementerian Perhubungan (Kemenhub), lewat penerbitan izin terbang.

"Kalau slot sudah ada, kalo izin rute belum didapat maskapai atau izin terbang belum diperoleh, ya sama juga slot hanya slot," kata dia.

AP II memastikan pihaknya tidak kekurangaan slot penerbangan untuk maskapai. Di Bandara Soekarno-Hatta misalnya, terdapat 1.300 slot penerbangan, namun yang terisi baru sekitar 900 slot.

Baca juga: PT Railink Tak Lagi Jadi Operator KA Bandara Soekarno-Hatta

Sementara terkait porsi penerbangaan saat ini di bandara yang dikelola AP II didominasi penerbangan domestik 77 persen, dan internasional 23 persen.

Angka tersebut berbeda dibandingkan sebelum pandemi yakni domestik 70 persen dan internasional 30 persen.

Hal itu menyusul rasio pemulihan penerbangan domestik yang baru 80 persen dan rasio pemulihaan penerbangan internasional 65-70 persen.

Baca juga: AP II Layani 3,31 Juta Penumpang Pesawat Selama Libur Nataru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com