Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu ESG: Pengertian, Kriteria, dan Pentingnya dalam Dunia Bisnis

Kompas.com - Diperbarui 13/08/2023, 22:13 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comEnvironmental, social, and governance atau yang biasa disingkat ESG adalah istilah yang barangkali masih asing di telinga sebagian orang. Padahal, ESG adalah salah satu hal penting dalam perusahaan dan investasi.

Apa itu ESG

Dilansir dari Investopedia, ESG adalah seperangkat standar yang digunakan untuk menyaring investasi berdasarkan kebijakan perusahaan dan mendorong perusahaan untuk bertindak secara bertanggung jawab.

Sementara dikutip dari Sikapiuangmu OJK, ESG adalah salah satu parameter pelaksanaan pembangunan SDGs (Sustainable Development Goals).

Baca juga: 9.968 Nasabah Wanaartha Life Daftarkan Tagihan ke Tim Likuidasi di Hari Terakhir Pendaftaran

ESG adalah konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi, atau bisnis yang berkelanjutan dengan tiga faktor atau kriteria utama, yaitu environmental (lingkungan), social (sosial), dan governance (tata kelola).

Perusahaan yang menerapkan prinsip ESG dalam praktik bisnis dan investasinya akan turut mengintegrasikan dan mengimplementasikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata kelola yang baik. 

ESG sendiri lahir dari kesadaran investor tentang pentingnya bisnis yang berkelanjutan. Kesadaran ini mendorong perusahaan untuk menempatkan ESG sebagai bagian penting dari keputusan finansial jangka panjang.

Baca juga: Catat, Ini Daftar 19 Kereta Api Tambahan Lebaran, Rute, dan Jadwalnya

Kriteria ESG

1. Environment (lingkungan)

Kriteria lingkungan pada ESG membahas mengenai bagaimana perusahaan mempertimbangkan dampak operasional bisnis terhadap lingkungan dan peran perusahaan sebagai penjaga lingkungan. Unsur lingkungan meliputi:

  • Penggunaan energi ramah lingkungan atau energi terbarukan
  • Pengelolaan limbah agar tidak menjadi polutan
  • Partisipasi dalam konservasi sumber daya alam tak tergantikan
  • Perlakuan wajar terhadap binatang yang tidak semena-mena
  • Penerapan sistem manajemen risiko yang efektif dalam pengelolaan risiko lingkungan.
  • Sikap/tindakan mengenai perubahan iklim dan lainnya.

Baca juga: Rincian Tarif Tol Bogor Ring Road Terbaru yang Naik Hari Ini

2. Social (sosial)

Kriteria sosial pada ESG melihat bagaimana perusahaan mempertimbangkan hubungan dan reputasi perusahaan terhadap stakeholder-nya serta bagaimana perusahaan membina stakeholder-nya (karyawan, supplier, konsumen, masyarakat, komunitas, dan pihak terkait dari perusahaan). Unsur sosial meliputi:

  • Pemilihan pemasok yang juga memiliki kebijakan dan praktik ESG
  • Keterlibatan organisasi dalam pembangunan komunitas baik dalam bentuk persentase laba atau kerja sukarela para karyawan bagi komunitas
  • Kepastian lingkungan kerja yang sehat dan aman bagi karyawan
  • Kepastian untuk mempertimbangan masukan dan harapan pemangku kepentingan terhadap organisasi.

Baca juga: Daftar 20 Pinjol Ilegal yang Ditutup SWI pada Maret 2023

3. Governance (tata kelola)

Kriteria tata kelola membahas mengenai bagaimana sebuah perusahaan memiliki proses pengelolaan yang baik dan berkelanjutan pada bagian internalnya. Tata kelola berkaitan dengan kepemimpinan perusahaan, gaji eksekutif, audit, kontrol internal, dan hak pemegang saham.

  • Adapun unsur tata kelola dalam ESG meliputi:
  • Penggunaan metode akuntansi yang sesuai dengan standar yang diharuskan
  • Kepastian bahwa semua pihak terkait diberikan kesempatan berpartisipasi dalam pengambilan suara untuk keputusan mengenai isu yang penting bagi negara
  • Kepastian tidak adanya kontribusi politik untuk memperoleh perlakuan istimewa dari penerima kontribusi
  • Kepastian tidak terlibat dalam kegiatan ilegal.

ESG adalah prinsip dan standar pengelolaan bisnis dan perusahaan yang mengikuti 3 kriteria yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola usaha yang baikShutterstock ESG adalah prinsip dan standar pengelolaan bisnis dan perusahaan yang mengikuti 3 kriteria yaitu lingkungan, sosial, dan tata kelola usaha yang baik

Mengapa ESG penting?

ESG sangat penting dalam dunia bisnis yang arahnya untuk pencapaian SDGs. Dengan mengedepankan ESG, perusahaan akan mampu menghasilkan produk-produk yang baik. Bukan hanya memberikan dampak ekonomi, namun juga memiliki dampak positif terhadap sosial dan lingkungkan.

Selain itu, perusahaan berbasis ESG dinilai relatif lebih resilient atau memiliki ketahanan yang tinggi pada masa krisis, dan dapat menciptakan value maupun keuntungan dalam jangka panjang.

Prinsip ESG sendiri sejatinya menegaskan tentang pentingnya aspek keberlanjutan dalam segala aktivitas bisnis perusahaan. Jika suatu perusahaan mampu menerapkan ESG, maka kepercayaan investor terhadap perusahaan tersebut meningkat.

Baca juga: 3 Hal yang Pengaruhi Persepsi Masyarakat untuk Punya Asuransi

Di sisi lain, dalam beberapa tahun terakhir, investor yang bekerja berlandaskan faktor ESG sudah berkembang pesat. Diperkirakan jumlahnya akan terus meningkat di masa mendatang.

Para investor tersebut umumnya akan lebih aktif bekerja memengaruhi kebijakan serta praktik perusahaan. Investor ESG juga lebih sering berpartisipasi dalam pertemuan pemegang saham.

Selain itu, para investor ESG akan mengevaluasi perilaku perusahaan dan menentukan kinerja finansial masa depannya dengan landasan konsiderasi tiga kriteria ESG.

Mereka akan melibatkan tiga indikator utama ESG dalam proses penyaringan perusahaan yang paling valuable. Setelahnya, barulah para investor ini bersedia menanamkan modal di perusahaan terkait sebagai investasi yang berkelanjutan.

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu ESG (environmental, social, and governance). Bisa dikatakan, ESG adalah prinsip dan standar pengelolaan bisnis dan perusahaan yang mengikuti kriteria-kriteria tertentu agar berdampak positif bagi lingkungan, sosial, dan tata kelola usaha. 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com