Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Mantan VP Google mengenai Keterampilan Pelamar Kerja yang Paling Dicari

Kompas.com - 13/03/2023, 08:36 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Mantan Vice President (VP) Google, Claire Hughes Johnson  mengungkapkan, terdapat satu kemampuan yang paling dicari dari para pencari kerja. Namun sayangnya hal itu jarang ditemukan pada kandidat.

“Keterampilan yang saya cari dalam diri kandidat sebelum yang lainnya, adalah kesadaran diri. Tentu, pengalaman dan keterampilan Anda penting, tetapi itu bisa dipelajari. Tapi, ketika seseorang sangat sadar diri, mereka lebih termotivasi untuk belajar karena mereka jujur tentang apa yang perlu mereka kerjakan,” kata Johnson mengutip CNBC, Senin (12/3/2023).

Johnson selama 10 tahun di Google banyak melakukan  wawancara kepada para pelamar ke perusahaan. 

Dia mengatakan, kesadaran diri ini termasuk menjaga hubungan baik dengan kolega dan manajer mereka. Hal ini menurut dia, juga cukup langka.

Baca juga: HRD hingga Sales Marketing Jadi Pekerjaan yang Banyak Dilamar Pencari Kerja di JobStreet

Berdasarkan penelitian, meskipun 95 persen orang mengira mereka sadar diri, hanya 10 persen hingga 15 persen yang benar-benar sadar diri.

“Saya selalu memperhatikan dua kata, terlalu banyak 'saya' adalah tanda bahaya bahwa mereka mungkin tidak rendah hati atau kolaboratif. Sementara jika terlalu banyak 'kita' dapat mengaburkan peran apa yang mereka mainkan dalam situasi tersebut. Harus ada keseimbangan,” ungkap Johnson.

Johnson mengatakan, dirinya mempelajari beberapa hal mengenagi ‘peran khusus’ dari para pelamar kerja.

Dia bilang, jawaban positif dari pelamar yang muncul adalah, seperti 'Itu ide saya, tapi, penghargaan diberikan kepada seluruh tim'. 

Johnson juga bertanya bagaimana rekan mereka menggambarkan mereka. Jika mereka hanya mengatakan hal-hal yang baik, Johnson akan menyelidiki umpan balik konstruktif apa yang telah diterima.

“Lalu saya akan berkata, apa yang telah Anda lakukan untuk terus tumbuh?" untuk memeriksa orientasi mereka terhadap pembelajaran dan peningkatan diri, dan untuk melihat apakah mereka telah menerima umpan balik itu,” kata Johnson.

Johnson mengatakan, terdapat beberapa penilaian yang bisa menjadi acuan dalam menilai, kesadaran diri:

- Anda secara konsisten mendapatkan umpan balik yang tidak Anda setujui. Ini tidak berarti umpan baliknya benar, tetapi itu berarti bahwa cara orang lain memandang Anda berbeda dari cara Anda memandang diri sendiri.

- Anda sering merasa frustrasi dan kesal karena Anda tidak setuju dengan arahan atau keputusan tim Anda.

- Anda merasa lelah di penghujung hari kerja dan tidak tahu alasannya.

- Anda tidak dapat menjelaskan jenis pekerjaan apa yang Anda lakukan dan tidak Anda sukai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com