Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persiapan Mudik, Simak Rincian Tarif Tol Jakarta-Semarang 2023 untuk Mobil Pribadi

Kompas.com - 20/03/2023, 10:42 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tarif tol Jakarta-Semarang perlu diketahui untuk masyarakat yang akan mudik menggunakan kendaraan pribadi roda empat.

Pasalnya, tarif tol harus dievaluasi dan disesuaikan setiap dua tahun sekali berdasarkan inflasi, seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Dengan mengetahui tarif tol Jakarta-Semarang, maka pemudik dapat menyiapkan saldo uang eletronik untuk pembayaran tarif tol selama perjalanan.

Baca juga: Resmi Naik, Ini Tarif Tol Kunciran-Serpong Terbaru

Selain itu, dengan mengetahui tarif tol Jakarta-Semarang terbaru, kamu dapat membandingkan biaya perjalanan mudik dengan menggunakan mobil pribadi atau kendaraan umum lainnya.

Apabila berangkat dari Jakarta ke Semarang, maka pemudik akan melewati ruas Tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, Batang-Semarang (Kalikangkung), dan Semarang ABC.

Tarif Tol Jakarta-Semarang 2023

Lantaran pada artikel ini khusus membahas biaya perjalanan untuk mudik dengan mobil pribadi, maka data tarif tol Jakarta-Semarang yang diolah hanya untuk kendaraan Golongan I.

Adapun kendaraan Golongan I berupa mobil sedan, minibus, mobil jip, pick up atau truk kecil, dan bus.

Berikut rincian tarif tol Jakarta-Semarang terbaru yang dapat dijadikan rujukan apabila ingin melakukan mudik Lebaran 2023:

  • Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000
  • Tol Cikopo-Palimanan Rp 119.00
  • Tol Palimanan-Kanci Rp 12.500
  • Tol Kanci-Pejagan Rp 29.500
  • Tol Pejagan-Pemalang Rp 60.000
  • Tol Pemalang-Batang Rp 45.000
  • Tol Batang-Semarang (Kalikangkung) Rp 86.000
  • Tol Semarang ABC Rp 5.500.

Dengan demikian, apabila pemudik keluar tol di Gerbang Tol Batang-Semarang (Kalikangkung) maka dapat menyiapkan uang elektronik atau e-Toll minimal sebanyak Rp 372.000.

Kemudian apabila pemudik keluar tol di Gerbang Tol Semarang ABC maka dapat menyiapkan uang elektronik atau e-Toll minimal sebanyak Rp 377.500.

Demikian rincian tarif Tol Jakarta-Semarang untuk Golongan I yang dapat dijadikan estimasi menghitung biaya perjalanan mudik lebaran 2023.

Baca juga: Daftar Jalan Tol yang Dibuka Fungsional untuk Masa Mudik Lebaran 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com