Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MRT Bolehkan Penumpang Buka Puasa Dalam Kereta, Simak Ketentuannya

Kompas.com - 23/03/2023, 15:35 WIB
Ade Miranti Karunia,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Moda Raya Terpadu (MRT) Perseroda mengizinkan pengguna jasa/penumpang MRT membatalkan puasa di dalam kereta Ratangga dan di beberapa area berbayar di stasiun.

"Meski demikian, pengguna jasa hanya diperbolehkan membatalkan puasa dengan air putih dan buah kurma serta maksimum 10 menit setelah setelah azan magrib," jelas Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta, Ahmad Pratomo dalam siaran resminya, Kamis (23/3/2023).

Jika pengguna jasa ingin membatalkan puasa dengan menu lain, maka hanya diizinkan berbuka puasa di luar gerbong kereta atau di area beranda peron tidak berbayar.

Baca juga: Khusus Ramadhan 2023, Penumpang Boleh Buka Puasa di Dalam KRL

"Masker dapat dibuka sementara saat berbuka dan digunakan kembali setelah membatalkan puasa selesai. Selama membuka masker, pengguna jasa tetap harus menerapkan protokol kesehatan dengan tidak berbicara baik satu maupun dua arah," kata dia.

MRT Jakarta mengimbau kepada pengguna jasa agar tetap menjaga kebersihan Ratangga dan area stasiun usai melaksanakan buka puasa.

"Pengguna jasa diminta untuk tetap menjaga kebersihan Ratangga dan area stasiun dengan membawa kembali sampahnya saat meninggalkan ratangga atau peron berbayar," imbau Ahmad.

Baca juga: Simak Peraturan Membatalkan Puasa di MRT Jakarta


Sebelumnya, aturan diperbolehkan berbuka puasa dalam gerbong kereta juga berlaku bagi penumpang yang menggunakan kereta commuter line area Jabodetabek, dan Solo-Yogyakarta.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, saat masuk waktu buka puasa dan para penumpang KRL sedang dalam perjalanan menggunakan commuterline diperbolehkan untuk membatalkan puasanya dengan makanan dan minuman ringan hingga satu jam setelah waktu berbuka puasa.

Kendati demikian, para penumpang KRL diimbau agar tetap disiplin menjaga kebersihan dan kenyamanan bersama dengan tidak membuang sampah sembarangan selama berbuka puasa.

Baca juga: Cara Naik MRT Tanpa Kartu

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com