Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ripple, Ethereum, dan Bitcoin Menguat, Cek Harga Kripto Hari Ini

Kompas.com - 24/03/2023, 09:44 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar aset kripto tampak mayoritas hijau pada pagi ini, Jumat (24/3/2022). Dilansir dari Coinmarketcap pagi ini, 9 dari 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar bergerak di zona hijau dalam 24 jam terakhir.

Nilai mata uang kripto paling mengilap adalah Ethereum (ETH), Ripple (XRP), dan Dogecoin (DOGE) yang naik 4,7 persen, masing-masing di level 1.819 dollar AS per coin, 0,4 dollar AS per coin, dan 7 sen per coin. Sementara itu, Solana (SOL) menguat 4,2 persen pada posisi 22,23 dollar AS per coin.

Kenaikan harga kripto juga terjadi pada Cardano (ADA) yang melonjak 3,9 persen di level 0,3 dollar AS per coin. Polygon (MATIC) di level 1,14 dollar AS per coin atau naik 3,2 persen, dan Binance Exchange (BNB) di level 328,7 dollar AS per coin atau menguat 2,7 persen.

Baca juga: Ombudsman: Ekosistem Bursa Kripto Harus Dibangun demi Lindungi Masyarakat

Pagi ini stablecoin atau mata uang kripto golongan mata uang kripto yang dibuat untuk menawarkan harga yang stabil terhadap dollar AS, seperti Tether (USDT) dan USD Coin (USDC) bergerak bervariasi. USDT turun 0,02 persen pada level 1 dollar AS per coin, dan USDC menguat 0,06 persen menjadi 0,9 dollar AS per coin.

Dikutip dari Coindesk, pergerakan aset kripto dibayangi oleh kekhawatiran kebijakan moneter federal, peningkatan aktivitas regulasi, dan keresahan perbankan.

Kenaikan suku bunga Federal Reserve AS berhasil mendorong Bitcoin berada di atas level 28.000 dollar AS per coin.

Baca juga: Volatilitas Mulai Melandai, Harga Kripto Binance Melonjak 7,14 Persen


Benoit Bosc, kepala produk global di perusahaan perdagangan kripto, mengatakan, sentimen krisis perbankan yang telah menyebar ke bank (yang) berdampak pada pergerakan kripto.

“Bitcoin paling diuntungkan, dan mengalami reli secara signifikan sejak peristiwa tersebut dimulai. Demikian juga kenaikan suku bunga The Fed yang mendorong siklus kenaikan pada kripto," kata Benoit Bosc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com