Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER MONEY] Gaji Benaia, Pemuda Kendari yang Lolos Jadi Tentara AS | Modus Pungli PNS Bea Cukai yang Terbongkar di Kualanamu

Kompas.com - 27/03/2023, 05:40 WIB
Erlangga Djumena

Editor

1. Intip Gaji Benaia, Pemuda Kendari yang Lolos Jadi Tentara AS

Seorang pemuda kelahiran Kendari, Sulawesi Tenggara, bernama Benaia Manasye Lintjewas (21) menjadi perbincangan di media sosial. Ia baru saja lulus seleksi menjadi tentara Amerika Serikat (AS) dengan nilai tertinggi di angkatannya.

Berbeda dengan fenomena di Indonesia, pendaftaran tentara di negara Paman Sam tidak terlalu diminati warga negaranya.

Pihak keluarga menyebutkan, sebelum menjadi anggota tentara Amerika Serikat, status Benaia masih warga negara Indonesia (WNI). Namun, setelah lulus seleksi tersebut, Benaia dipastikan akan beralih kewarganegaraan AS.

Setelah lulus, Benaia tentunya harus menjalani pelatihan dan pendidikan di kamp militer AS. Kemudian, ia pun harus siap ditempatkan di mana saja, termasuk andaikata diterjunkan ke zona medan perang.

Lalu berapa gaji Benaia sebagai tentara AS? Simak di sini

2. Seperti Ini Modus Pungli PNS Bea Cukai yang Terbongkar di Kualanamu

Kinerja Ditjen Bea Cukai tengah menjadi bulan-bulanan kritik publik. Terbaru, istitusi ini disorot karena terbongkarnya dugaan praktik korupsi terkait pungutan IMEI handphone dari luar negeri.

Sebelumnya, Bea Cukai juga diributkan dengan para pejabat beserta keluarganya yang gemar pamer harta, perilaku tak menyenangkan saat pemeriksaan bandara, hingga keluhan di media sosial yang dibalas dengan makian babu dan bacot.

Awal mula dugaan praktik kongkalikong IMEI telepon selular impor ini bermula dari sebuah surat terbuka dari ASN muda Bea Cukai yang resah dengan para oknum nakal yang mencoreng tempatnya bekerja.

Surat terbuka itu kemudian viral setelah akun Twitter dengan nama @PartaiSocmed mempublikasikannya. Ditjen Bea Cukai juga belakangan mengakui ada prosedur yang salah dalam pungutan IMEI dan sudah memberikan sanksi kepada para pegawainya yang terlibat.

Nah seperti apa modus punglinya? Baca di sini

3. Jadi Bos Baru BTN, Nixon LP Napitupulu Siapkan 3 Strategi

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) optimistis tahun ini akan meraih kinerja yang gemilang seiring dengan susunan direksi baru perseroan.

Direktur Utama Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, susunan direksi perseroan yang baru ini akan menambah solid tim manajemen dalam meraih kinerja yang semakin gemilang dalam beberapa tahun ke depan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com