Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berlangsung dari Siang, KPK Masih Geledah Gedung Ditjen Minerba Kementerian ESDM

Kompas.com - 27/03/2023, 18:54 WIB
Ade Miranti Karunia,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggeledahan yang dilakukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Kantor Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara (Ditjen Minerba) Kementerian ESDM sampai saat ini masih berlangsung.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pukul 18.28 WIB, suasana di halaman parkir Ditjen Minerba masih terlihat lengang. Belum ada kemunculan anggota KPK yang keluar dari gedung.

Informasi dari Satuan Pengamanan (Satpam) yang bertugas di Ditjen Minerba, KPK tiba pada Senin (27/3/2023) siang.

"Tadi mereka kalau enggak salah datang habis Dzuhur," kata Satpam yang bertugas dua orang dan tidak mau disebutkan namanya.

Baca juga: KPK Kritik Pemanggilan PNS Milenial Pembocor Borok Bea Cukai

Satpam itu pun juga tak mengetahui berapa kendaraan KPK yang datang. Berdalih bahwa tamu yang datang tidak ditanya keperluannya. Ojek online yang mengantar pesanan makanan juga dibatasi pergerakannya hanya sebatas Pos Satpam.

"Enggak bisa terdeteksi tamu mana saja yang datang. Itu dari pusat (pimpinan Ditjen Minerba) yang tahu," ucap Satpam tersebut.

Para awak media tidak diizinkan masuk karena perintah dari atasan, sehingga hanya bisa memantau dari Pos Satpam. Hingga kini, awak media masih bertahan dan terus memantau perkembangan penggeledahan tersebut.

Baca juga: Usut Harta Rafael Trisambodo, Kemenkeu Gandeng KPK dan PPATK

Dikutip dari pemberitaan Nasional Kompas.com, KPK menggeledah Kantor Ditjen Minerba Kementerian ESDM.

“Informasi yang kami peroleh, betul ada kegiatan penggeledahan oleh tim KPK di Kantor Kementrian ESDM,” kata Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri saat dihubungi Kompas.com hari ini.

Ali mengatakan, saat ini penggeledahan itu masih berlangsung. Penggeledahan dilakukan terkait penyidikan yang baru dibuka KPK mengenai dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

Baca juga: Respons Lengkap Direktorat Jenderal Bea Cukai soal Praktik Korupsi Pendaftaran IMEI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com