Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Wawancara Kerja

Kompas.com - 29/03/2023, 07:30 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber rd.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar dunia kerja dan kualifikasi perusahaan dalam mencari talenta memang akan selalu berubah.

Namun yang pasti, wawancara kerja selalu jadi pertimbangan yang penting untuk meninggalkan kesan pertama yang baik bagi pencari kerja.

Bagi para pencari kerja yang sedang mencari kerja atau mempertimbangkan untuk berganti karier baru, perlu kembali memperhatikan pentingnya memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja.

Dikutip dari rd.com, berikut ini adalah 10 hal yang perlu diperhatikan oleh pencari kerja ketika melakukan wawancara kerja.

Baca juga: Indofood Buka Lowongan Kerja untuk Lulusan D-3 sampai S-1, Ini Posisi yang Dicari

1. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu sangat penting bagi pencari kerja tak peduli wawancara dilakukan melalui telepon, video, atau secara langsung. Datang tepat waktu adalah hal yang mutlak.

Datanglah 10 menit lebih awal dari janji yang telah ditetapkan. Jangan lupa juga untuk memberikan waktu untuk menghitung macet atau kendala lain.

Konsultan Sumber Daya Manusia Matthew Burr mengatakan, ketika wawancara dilakukan melalui sebuah platform, penting untuk pencari kerja berlatih menghubungkan terlebih dahulu pengaturan yang ada.

2. Detail Panggilan Video

Wawancara melalui video memang terlihat lebih ringkas dan mudah. Namun, wawancara menggunakan video kerap gagal ketika pelamar kerja tidak memperhatikan detail yang ada.

Psikolog dan VP di Perusahaan Akuisisi dan Manajemen Bakat Celine Floyd mengatakan, hal pertama adalah perhatikan posisi duduk, apakah posisi tersebut membelakangi jendela atau sebaliknya. Posisikan meja sehingga terdapat cahaya yang cukup.

Kalau tidak ada jendela, ada baiknya pelamar kerja menggunakan ring light untuk memberikan pencahayaan yang lebih baik.

"Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah suara Anda. Pastikan Anda memiliki mikrofon yang bagus, agar pewawancara dapat mendengar Anda dengan jelas," imbuh dia.

Baca juga: Pemkot Tangerang Gelar Job Fair Ramadhan, Tersedia 830 Lowongan Kerja

3. Perhatikan Lingkungan

Ketika wawancana dilakukan menggunakan video, pastikan latar belakang aman dan tidak mempertunjukkan hal yang tidak seharusnya, seperti tempat tidur yang berantakan atau keranjang pakaian kotor.

Pelamar kerja juga bisa mengatur ulang latar belakang ruang wawancara agar terlihat lebih profesional.

"Backgroud akan terlihat lebih baik jika bebas dari barang-barang pribadi, yang dapat membuat semua terlihat berantakan," ungkap Celine Flyod.

Pelamar kerja juga bisa memilih tempat di luar rumah yang memiliki latar belakang lebih baik. Namun perlu memperhatikan untuk tidak menemui hambatan lain, misalnya kondisi yang terlalu ramai.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber rd.com


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com