Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Mulyani Sebut Masih Ada Negara di ASEAN Tingkat Inklusi Keuangannya Hanya 3 Persen

Kompas.com - 29/03/2023, 14:40 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Data Global Findex 2021 menunjukan, rata-rata tingkat inklusi keuangan di kawasan ASEAN mencapai 41 persen. Namun di balik angka rata-rata tersebut, terdapat disparitas atau kesenjangan tingkat inklusi keuangan yang tinggi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, saat ini di kawasan ASEAN masih terdapat negara dengan tingkat inklusi keuangan yang hanya mencapai 3 persen. Di sisi lain, terdapat negara di kawasan yang tingkat inklusinya telah mencapai 70 persen.

"Rata-rata sebesar 41 persen tidak bermakna apa-apa karena besarnya kesenjangan indeks ini," kata dia, dalam High-Level Dialogue on Promoting Digital Financial Inclusion and Literacy for MSMEs, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Sri Mulyani: Kesenjangan Inklusi Keuangan Jadi Tantangan Besar di Kawasan ASEAN

Menurutnya, tingkat inklusi keuangan yang rendah atau fenomena ekslusi finansial masih menjadi tantangan besar dalam perekonomian ASEAN. Sebab, inklusi keuangan erat kaitannya dengan produktivitas usaha yang dapat mempercepat perputaran roda perekonomian.

Untuk mengatasi hal tersebut, bendahara negara menekankan pentingnya partisipasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pasalnya, pelaku UMKM memiliki peranan ekonomi yang besar, namun tingkat inklusi keuangannya relatif lebih rendah dibanding pelaku usaha skala besar.

"Mencapai akses layanan finansial formal sendiri akan menjadi sebuah kisah kesuksesan bagi UMKM, dimana UMKM ini memegang peran terpenting dalam aktivitas ekonomi, khususnya di Indonesia," ujarnya.

Baca juga: Sri Mulyani Rapat 5 Jam dengan DPR Jelaskan Transaksi Janggal hingga Alphard Masuk Apron

"Jadi, inklusi finansial bagi UMKM adalah salah satu dari agenda prioritas terpenting di ekonomi ASEAN, dan juga di Indonesia tentunya," tambah dia.

Oleh karenanya, Sri Mulyani mendorong pengembanganan ekosistem digital yang dapat mendongkrak tingkat inklusi keuangan UMKM. Selain dapat mengatasi masalah disparitas inklusi, ekosistem itu juga dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat.

"Mengurangi kemiskinan, menciptakan lapangan kerja, dan menciptakan kesetaraan tentunya akan bergantung pada inklusi keuangan ini," ucap dia.

Baca juga: THR ASN, TNI-Polri, dan Pensiunan Bakal Cair 4 April 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com