Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertemuan IHRS Akan Rumuskan Upaya Peningkatan Kualitas SDM di Era Digitalisasi

Kompas.com - 29/03/2023, 21:32 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia merupakan program prioritas Kabinet Indonesia Maju era Presiden Joko Widodo (Jokowi), setelah sebelumnya infrastruktur yang jadi prioritas yang utama.

Menurut Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, untuk meningkatkan sumber daya manusia diperlukan perubahan dalam pola pikir (mindset) agar maju dan segera keluar dari zona nyaman.

Menurut dia, setiap sumber daya manusia wajib memiliki pola pikir maju, serta sikap dan karakter Bold, Integrity dan Great (BIG).

"Setiap sumber daya manusia wajib memiliki sikap dan karakter tersebut untuk maju serta memberikan dampak yang signifikan terhadap keberhasilan perusahaan," ujar Dwi melalui keterangannya, Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Karakteristik SDM Indonesia

SDM di era digitalisasi

Menurut Dwi, penerapan teknologi digital adalah hal yang tidak dapat dihindari, saat ini beragam kegiatan dapat dilakukan melalui telepon genggam seperti bersosialisasi, melakukan transaksi perbankan, membeli dan menjual sesuatu bisa dilakukan hanya melalui ponsel.

Oleh karena itu, peningkatan kualitas SDM juga perlu difokuskan dalam memanfaatkan, mengembangkan, dan menguasai teknologi yang berwawasan lingkungan.

"Penguasaan teknologi menjadi kunci untuk memberikan nilai tambah terhadap proses-proses yang selama ini dilakukan di perusahaan atau instansi. Digitalisasi dan penggunaan Artificial Intelligence (AI) adalah suatu keharusan," lanjutnya.

Baca juga: Di Balik Risiko Global, Kemenaker Ditantang Atasi Rendahnya Keterampilan dan Kualitas SDM Indonesia

 

IHRS 2023

Untuk itulah, ajang pertemuan praktisi sumber daya manusia yaitu Indonesia Human Resource Summit (IHRS) 2023 akan kembali digelar di Bali Nusa Dua Convention Center dengan mengusung tema ‘Redefining Human Capital: Inspiring People to Take Action’ (Mendefinisikan Kembali Sumber Daya Manusia: Menginspirasi Untuk Mengambil Tindakan) pada 19-20 Juni 2023.

IHRS merupakan forum penting bagi praktisi sumber daya agar dapat menciptakan, membuat dan memformulasikan langkah dan upaya yang bisa dilakukan guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik secara individual maupun institusional.

IHRS 2023 akan dibagi dalam beberapa sesi pertemuan yang memudahkan peserta untuk berinteraksi dan saling berbagi ide untuk kemudian disajikan dan diimplementasikan dalam lingkup tugas masing-masing.

Sedikitnya 1.000 peserta akan menghadiri kegiatan ini yang berasal dari beragam bidang kerja dan industri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Dalam perhelatan kali ini, peserta yang terpilih berhak mempresentasikan hasil studi dan pemikirannya di depan peserta lainnya, pejabat, dan pembicara asing dalam forum ini.

Informasi dan pendaftaran dapat melalui registration@hrsummitindonesia.com dan publication@hrsummitindonesia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com