Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Tren Donasi Digital, GoPay Salurkan Zakat Rp 154 Miliar di 2022

Kompas.com - 31/03/2023, 17:40 WIB
Agustinus Rangga Respati,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren donasi digital masih diminati masyarakat, walaupun sejak tahun lalu aktivitas masyarakat mulai kembali normal.

Sepanjang 2022, total donasi digital yang disalurkan melalui GoPay mencapai Rp 154 miliar. Hal tersebut menunjukkan, berdonasi secara digital masih menjadi pilihan masyarakat.

Managing Director GoPay Budi Gandasoebrata mengatakan, masyarakat mengadopsi kebiasaan baru pada masa pandemi, termasuk untuk berdonasi secara digital.

"Tahun lalu, walaupun aktivitas sudah berangsur normal, kami masih melihat animo masyarakat terhadap donasi digital masih sangat tinggi, terutama pada bulan Ramadhan," ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (31/3/2023).

Baca juga: Perbandingan Harga Isi Pulsa di Dana dan GoPay, Murah Mana?

Budi menerangkan, sepanjang 2022 pihaknya melihat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) merupakan salah satu lembaga amal zakat yang dipercaya dan paling banyak digunakan oleh pengguna GoPay untuk berbagi berbagi melalui donasi, zakat, infak, maupun sedekah.

Menurut Budi, donasi digital memegang peranan penting dalam membantu masyarakat tanpa adanya batasan.

Sementara itu, Ketua BAZNAS RI Noor Achmad mengatakan, zakat, infak, dan sedekah telah dinantikan oleh masyarakat yang membutuhkan.

"Bertepatan dengan momen Ramadhan, mari kita bersama-sama meningkatkan zakat kita yang kini semakin dipermudah dengan keberadaan platform terpercaya seperti GoPay,” ujar dia.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Tarik Tunai GoPay di ATM BCA Tanpa Kartu

Menurut Noor, selama pandemi Covid-19 peningkatan masyarakat berinfaq dan bersedekah tumbuh melebihi 40 persen. Mayoritas yang berinfak dan sedekah berasal dari kalangan anak-anak muda.

Ke depan, GoPay dan BAZNAS melalui Gerakan Cinta Zakat BAZNAS, optimis untuk terus membantu masyarakat mewujudkan kesejahteraan yang merata setelah masa pandemi dengan mengedukasi kemudahan donasi dan zakat digital.

Selain berdonasi, pengguna GoPay yang ingin membayar zakat dengan mudah di bulan Ramadhan cukup membuka fitur GoTagihan yang terdapat di aplikasi Gojek, pilih menu “Zakat” lalu masukkan jumlah yang ingin dibayarkan.

Masyarakat juga dapat menyalurkan zakatnya via GoPay melalui 400 yayasan yang bekerja sama dengan GoPay.

Baca juga: Cara Bayar MRT Pakai GoPay, Ikuti Petunjuk Pembelian Berikut Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com