Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amar Bank Kini Terapkan Sistem Pembayaran BI-Fast

Kompas.com - 31/03/2023, 18:10 WIB
Rully R. Ramli,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Amar Indonesia Tbk atau Amar Bank kini menerapkan sistem pembayaran Bank Indonesia Fast Payment atau BI-Fast. Hal ini seiring dengan Amar Bank yang menjadi peserta BI-Fast batch 6.

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan, implementasi BI-Fast sejalan dengan tujuan perusahaan sebagai bank digital. Lewat sistem pembayaran tersebut, bank dapat memberikan layanan yang lebih mudah dan terjangkau kepada nasabah.

Sebagai informasi, dengan menerapkan sistem BI-Fast, bank dapat memberikan layanan pembayaran yang lebih murah. Lewat BI-Fast, nasabah dapat menikmati layanan transfer antarbank dengan biaya sebesar Rp 2.500 per transaksi.

Baca juga: Peserta BI-Fast Bertambah 16, Ini Rinciannya

"Kami optimis Amar Bank dapat mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional serta memberikan pengalaman layanan transaksi yang mudah dan terjangkau kepada nasabah," kata Vishal, dalam keterangannya, dikutip Jumat (31/3/2023).

Lebih lanjut Vishal bilang, sejak awal perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan inklusi keuangan lewat layanan keuangan digital yang ditawarkan. Saat ini, operasional Amar Bank sendiri didukung oleh artificial intelligence (AI) dan teknologi cloud yang menyediakan layanan keuangan yang dipersonalisasi yang memungkinkan nasabah untuk menabung, membayar, dan mengelola keuangan mereka secara efektif.

Baca juga: 4 Bank Gabung Layanan BI-FAST lewat Multi-Tenancy Infrastruktur Sharing

Selain itu, Vishal menambah, teknologi AI Amar Bank juga dapat menganalisis perilaku nasabah untuk membangun kebiasaan menabung. Lewat layanan-layanan yang ditawarkan, Amar Bank berkomitmen untuk memberdayakan individu dan UMKM.

"Terutama mereka yang unbanked dan underserved, melalui kesehatan finansial dan inklusi keuangan yang berdampak," ucap Vishal.

Baca juga: Luhut Minta Polisi Perketat Pengamanan di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com