Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar 7 Kilang dan Depo Pertamina yang Terbakar Selama 3 Tahun Terakhir

Kompas.com - 02/04/2023, 11:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kilang minyak Pertamina di Dumai, Riau meledak pada Sabtu (1/4/2023) pukul 22.45 WIB. Namun hingga kini Pertamina masih menginvestigasi penyebab ledakan.

Pada saat ledakan terjadi, warga dibuat terkejut bahkan sampai ketakutan. Reki Hariadi (34), salah seorang warga di sekitar lokasi kejadian mengaku sangat terkejut mendengar suara ledakan itu.

"Kami lagi kumpul keluarga, tiba-tiba ada ledakan sangat kuat. Kami pikir gempa, karena getarannya cukup kuat," cerita Reki saat diwawancarai Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (2/4/2023) dini hari.

Getaran ledakan terasa kuat karena rumah Reki berjarak hanya sekitar 500 meter dari lokasi ledakan kilang minyak. Pada saat ledakan terjadi, keluarganya langsung lari keluar rumah.

"Kami langsung lari keluar rumah. Beruntung tidak ada kerusakan di rumah kami. Kami semua selamat," sebut Reki.

Baca juga: Kapal Pengangkut Pertalite Terbakar, Pertamina Pastikan Pasokan BBM di Lombok-Bali Aman

Berdasarkan keterangan resmi dari PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai, kejadian ini tidak memakan korban jiwa baik dari pekerja maupun warga setempat.

Adaupun korban luka-luka akibat ledakan berjumlah 9 orang yang merupakan pekerja di ruang operator. Kesembilan korban luka-luka tersebut sudah kembali ke rumah masing-masing setelah mendapatkan perawatan di RS Pertamina Dumai.

Kejadian serupa pada kilang minyak Pertamina di Dumai tidak hanya terjadi kali ini, kilang minyak juga pernah terbakar pada 15 Juli 2009 dan 15 Desember 2008.

Baca juga: Ada Ledakan di Kilang Minyak Pertamina Dumai, PT KPI Minta Maaf dan Investigasi Penyebabnya

Insiden Kebakaran di Kilang Minyak dan Depo Pertamina

Sebelum insiden ledakan kilang minyak Pertamina di Dumai ini, Pertamina juga pernah mengalami sejumlah insiden ledakan dan kebakaran di fasilitas kilang minyak dan depo miliknya.

Berikut sejumlah insiden di fasilitas milik Pertamina sebelum kejadian ledakan kilang minyak Pertamina di Dumai sebagaimana dirangkum pada Minggu (2/4/2023).

Baca juga: Tak Ada Korban Jiwa Ledakan Kilang Pertamina Dumai, PT KPI Kini Fokus Pulihkan Kerusakan Rumah Warga

1. Kebakaran Depo Plumpang (3 Maret 2023)

Belum lama ini, terjadi kebakaran juga di Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada 3 Maret 2023 pukul 20.11 WIB yang menyebabkan 29 korban meninggal dunia.

Pasalnya, api yang bersumber dari pipa bensin di kompleks tersebut menyambar rumah-rumah warga di sekitar Jalan Tanah Merah Bawah RT 12 RW 09 Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara.

Sebanyak 52 unit mobil pompa dan 260 personel pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api di kawasan depo dan pemukiman warga yang ikut terbakar.

Baca juga: Buntut Kebakaran Depo Plumpang, Pertamina Bakal Bentuk Direktorat Khusus Keselamatan


Namun hingga kini masih belum jelas penyebab terjadinya kebakaran di fasilitas penyimpanan minyak Pertamina tersebut. Dugaan awal terjadi gangguan teknis saat proses pengisian tangki minyak jenis Pertamax yang menyebabkan adanya tekanan berlebih.

Pada pemberitaan Kompas.com Senin (20/3/2023), penyidik Polda Metro Jaya meminta keterangan ahli minyak dan gas (migas) terkait penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

"Saat ini penyidik Polda Metro Jaya masih meminta keterangan dari ahli Migas. Hal ini untuk menentukan apakah peristiwa pelompang tersebut termasuk force majeure (bencana) atau human error (kesalahan manusia)," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat ditemui di Bareskrim Polri, Senin (20/3/2023).

Dia menyebut, ada 24 saksi yang akan diperiksa terkait peristiwa yang terjadi 3 Maret 2023 itu. Setelah pemeriksaan ahli migas, kata Ramadhan, akan dilakukan pembaruan informasi.

"Nanti hasilnya akan kami sampaikan kembali ya. Jadi penyidik masih akan memanggil ahli Migas," ucap dia.

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina Dumai Meledak, Stok BBM Nasional Dipastikan Aman

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com