Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SKK Migas Pastikan Ledakan Kilang Dumai Tak Berdampak ke Kegiatan Lifting

Kompas.com - 04/04/2023, 10:26 WIB
Yohana Artha Uly,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memastikan kegiatan lifting di Kilang Dumai berjalan dengan aman dan lancar. Hal itu berdasarkan hasil koordinasi dan pengawasan di lapangan usai terjadinya ledakan di Kilang Dumai pada Minggu (1/4/2023).

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi dampak-dampak yang terkait dengan operasi di hulu migas sehubungan dengan kejadian ledakan tersebut.

"Fungsi-fungsi teknis di SKK Migas pusat dan SKK Migas perwakilan Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) serta Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang memasok minyak ke Kilang Dumai telah mengambil langkah-langkah lanjutan untuk memastikan tidak ada kendala dalam kegiatan lifting, dan operasional hulu migas tetap berjalan seperti sedia kala,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Cadangan Minyak RI Disebut Tinggal 10 Tahun Lagi, SKK Migas: Kami Terus Melakukan Eksplorasi

Ia menuturkan, SKK Migas telah melakukan koordinasi dengan Kilang Pertamina Internasional (KPI) Dumai untuk memastikan kegiatan lifting berjalan lancar dan aman, termasuk saat kejadian dimana sempat dilakukan penghentian sementara untuk loading/transfer selama 6 jam 30.

Namun mulai pukul 05.20 WIB pada 2 April 2023, kegiatan loading/transfer berjalan secara normal kembali.

SKK Migas juga telah menurunkan personil untuk melakukan inspeksi langsung ke lapangan, dan berdasarkan perkembangan terkini loading line untuk lifting di Kilang Dumai milik KKKS PHR Rokan tidak terdampak kejadian dan semua dalam kondisi baik.

“Penghentian loading/transfer hanya sementara sehubungan dengan temporary shutdown dan setelah dipastikan keseluruhan proses aman, maka loading dilanjutkan seperti biasa dan dengan pengawasan yang lebih ketat untuk mengantisipasi kemungkinan munculnya dampak lanjutan," papar Dwi.

Baca juga: Sederet Fakta Kebakaran Kilang Pertamina Dumai, Setidaknya Sudah 4 Kali Terjadi

 


Ia menambahkan, SKK Migas menjaga betul agar proses lifting di Kilang Dumai berjalan dengan aman dan lancar guna memastikan target lifting dapat terpenuhi untuk mendukung kebutuhan energi nasional. Selain itu, untuk memastikan penerimaan negara dapat dijaga tetap optimal.

SKK Migas pun telah menyusun langkah mitigasi untuk mengantisipasi apabila ke depan ada penyesuaian di dalam penyaluran minyak ke kilang Dumai. Hal ini dilakukan membuat beberapa opsi lain untuk penyaluran minyak hulu agar lifting minyak tetap bisa terlaksana dengan lancar.

Dwi juga berharap, dari insiden ledakan tersebut dapat segera dilakukan analisa secara komprehensif agar tidak terjadi lagi, baik di kilang minyak Dumai itu sendiri maupun di kilang-kilang lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com