Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Sedekah Energi", Listrik Tenaga Surya untuk Rumah Ibadah

Kompas.com - 05/04/2023, 04:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Sedekah Energi memenuhi kebutuhan listrik berupa panel surya yang terpasang di Masjid Al Ummah Al Islamiyah kaki Gunung Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Melalui program tersebut yang diinisiasi oleh MOSAIC atau Kolaborasi Umat Islam untuk Dampak Iklim, panel surya berkapasitas total 4.700 WP telah berfungsi.

"Lebih dari sebagai tempat ibadah, masjid merupakan pusat kegiatan sosial bagi masyarakat. Untuk itu, sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menyebarkan kesadaran tentang pentingnya peralihan ke sumber energi terbarukan, mulai dari masjid," kata Dewan Pengarah MOSAIC dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Muhammad Ali Yusuf dalam keterangan tertulis, Selasa (4/4/2023).

Baca juga: Saat Green Energy Tenaga Surya dan Angin Ubah Desa Energi Berdikari Cilacap dari Gelap Menjadi Terang...

Melalui Sedekah Energi, MOSAIC berupaya mendorong penggunaan energi yang tidak merusak lingkungan dan minim polusi sebagai salah satu solusi dari permasalahan iklim.

Selain itu, tujuh rumah warga di sana akan mendapatkan subsidi aliran listrik dari panel surya masjid, dan pompa air yang telah terbengkalai akan kembali menyala sehingga dapat membantu pengairan kebun di sekitar masjid dan milik warga, termasuk milik komunitas perempuan tani.

Baca juga: Pemerintah Cari Mahasiswa buat Kembangkan Energi Listrik Tenaga Surya, Minat?

Sementara itu, Koordinator Sedekah Energi Elok Faiqotul Mutia menjelaskan, selain memberikan bantuan berupa panel surya, warga juga mendapatkan pelatihan dan transfer pengetahuan secara intensif.

"Di Sembalun kami telah memberi pelatihan pemeliharaan dan pengoperasian panel surya kepada 14 warga laki-laki dan 5 orang perempuan. Dengan demikian diharapkan 19 warga tersebut dapat mengambil peran dalam pemeliharaan mandiri, sehingga panel surya dapat berfungsi dengan baik hingga 25 tahun mendatang," katanya.

Dengan demikian, sedekah dapat terjadi melalui dua arah, yaitu untuk pengadaan teknis panel surya serta sedekah dari masyarakat sekitar dalam mengelola dan merawat sistemnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com