Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amazon PHK Lebih dari 100 Karyawan di Divisi Video Game

Kompas.com - 05/04/2023, 09:30 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Raksasa e-commerce, Amazon melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada lebih dari 100 karyawan di divisi video game. Hal ini disampaikan oleh Christoph Hartmann, wakil presiden Amazon Games dalam sebuah memo yang dikirimkan secara daring pada Selasa (4/4/2023).

Mengutip CNBC, PHK yang dilakukan termasuk karyawan di grup Game Growth, studio game Amazon San Diego, dan Prime Gaming. Namun, perusahaan menawarkan para karyawan program loyalitas andalan Amazon.

“Beberapa staf juga telah dipindahkan ke proyek lain yang sesuai dengan fokus strategis kami,” kata Hartmann.

Baca juga: McDonalds Tutup Kantor Pusat AS, Siap-siap Lakukan PHK Karyawan

“Tidak pernah ada cara yang menyenangkan untuk berbagi berita semacam ini, tetapi kami berkomitmen untuk memperlakukan karyawan kami yang terkena dampak dengan empati dan rasa hormat, dan akan mendukung mereka dengan menawarkan uang pesangon, tunjangan asuransi kesehatan, layanan outplacement, dan pembayaran waktu untuk bekerja. pencarian kerja mereka,” katanya.

PHK tersebut terjadi karena CEO Amazon Andy Jassy telah berupaya untuk mengendalikan biaya operasional di seluruh perusahaan. Bulan lalu, Jassy mengumumkan Amazon akan memberhentikan 9.000 karyawan tambahan, usai gelombang PHK sebelumnya yang berjumlah lebih dari 18.000 orang.

Perusahaan juga telah memberlakukan pembekuan perekrutan tenaga kerja korporatnya, dan telah menutup beberapa proyek eksperimental, seperti layanan telehealth dan robot pengiriman trotoar.

Baca juga: Perusahaan Roket Milik MIliarder Inggris PHK 85 Persen Karyawan


Pada Selasa sore, Amazon mulai memberi tahu staf bahwa mereka diberhentikan lebih dari 100 pekerja, dan melakukan pembicaraan serta mediasi antara pekerja yang terdampak PHK dan divisi Human Resources.

Sejak diluncurkan pada tahun 2013, Amazon Games telah berjuang untuk menghasilkan hits dan pendapatan dari beberapa proyek diterbitkan. Perusahaan bahkan mempekerjakan talenta terbaik dari Sony Online Entertainment.

Amazon pada tahun 2020 merilis game beranggaran besar pertamanya, Crucible. Setahun kemudian, Amazon merilis PC game New World, dan sempat sukses di awal-awal peluncuran. Divisi video game Amazon juga mengalami beberapa perputaran untuk jajaran petinggi mereka.

Mike Frazzini, yang membantu meluncurkan studio game Amazon, mengundurkan diri Maret lalu. Dan pada bulan Januari, John Smedley, yang mengepalai studio Amazon Games di San Diego, keluar dari perusahaan.

Baca juga: Daftar 19 Perusahaan Teknologi Dunia yang PHK Massal Karyawannya Tahun 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com