Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 6 April 2023, Stok Beras Bulog Tersedia 283.883 Ton

Kompas.com - 11/04/2023, 15:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyebutkan, hingga 6 April 2023, stok beras yang tersedia sebanyak 283.883 ton. Dengan rincian, stok cadangan beras pemerintah (CBP) sebesar 267.446 ton dan stok komersial sebesar 16.437 ton.

Hal tersebut disampaikan Budi Waseso saat melakukan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI.

"Adapun jumlah stok yang dikuasai kedepannya akan semakin bertambah dengan meningkatnya realisasi pengadaan beras dalam negeri," kata Budi Waseso, Selasa (11/4/2023). 

Mengenai realisasi pengadaan setara beras dalam negeri masih sama, sebesar 143.311 ton, yang terdiri dari pengadaan CBP 93.955 ton dan komersial sebesar 49.316 ton.

Baca juga: Bos Bulog: Stok Beras Kosong tapi Penyerapan Dalam Negeri Terus Berjalan

Lebih lanjut, dalam rangka menjaga stabilitas harga di tingkat konsumen, Bulog melaksanakan program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), dan kegiatan perdagangan komoditi melalui penjualan beras komersial serta komoditas pangan lainnya selain beras.

Adapun realisasi penyaluran SPHP sampai dengan 6 April sebanyak 558.691 ton.

"Bulog tentu berupaya agar penyaluran beras dapat menjangkau konsumen secara langsung melalui saluran jaringan ritel modern seperti Indomaret dan Transmart termasuk juga Alfamart," ujar Budi Waseso.

 Baca juga: Penjelasan Gamblang Bapanas-Bulog soal Kapan 500.000 Ton Beras Impor akan Datang


Kemudian, mantan Kepala BNN ini memaparkan kembali terkait program bantuan sosial (bansos) pangan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 21,3 juta KPM.

"Alokasi bantuan setiap KPM akan memperoleh sebanyak 10 kg per bulan dengan kualitas beras CBP medium menggunakan pendanaan Badan Pangan Nasional atau Kementerian Keuangan. Adapun realisasi program bantuan pangan sampai dengan 6 April 2023 adalah sebesar 2.399 ton," sebut Budi Waseso. 

Bulog pun juga bekerja sama untuk menyediakan paket sembako Ramadhan dengan Baznas RI, perbankan, maupun kementerian/lembaga lainnya berupa beras fitrah dan paket sembako di seluruh wilayah Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com