Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Saya Mutar Banyak Provinsi Lihat Harga Pangan Stabil

Kompas.com - 12/04/2023, 05:52 WIB
Muhammad Idris

Editor

KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan dirinya telah berkeliling banyak provinsi selama Ramadan dan melihat langsung bahwa harga bahan pangan stabil, bahkan harga sejumlah komoditas menurun.

"Saya memutar sudah di banyak provinsi. Jadi kalau melihat harga-harga stabil dan kemarin di Boyolali justru bawang merah, bawang putih, telur, turun semuanya," kata Jokowi dikutip dari Antara, Rabu (12/4/2023). 

Ia baru saja meninjau harga bahan-bahan pokok di Pasar Kelapa, Cilegon, Banten. Sebelum ke Banten, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah (Jateng).

Di provinsi tersebut, Jokowi meninjau harga pangan di Pasar Cepogo, Boyolali, Senin (10/4/2023) dan menemukan data bahwa harga kebutuhan pokok di Cepogo mengalami penurunan menjelang Lebaran 2023.

Baca juga: Gratis, Daftar Lengkap 11 Tol Fungsional untuk Mudik Lebaran 2023

“Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah mengecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati Lebaran seperti apa? Ternyata yang di sini yang kita lihat turun semuanya,” ujar Jokowi seperti dilansir di laman resmi Sekretariat Kabinet.

Harga sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami penurunan di Pasar Cepogo, kata Jokowi, antara lain, cabai rawit, telur, bawang putih, dan daging ayam. Penurunan harga tersebut karena banyaknya pasokan produksi di daerah tersebut.

Di Jateng, Jokowi juga berkunjung ke Pasar Legi, Kota Surakarta, Senin (10/4/2023). Jokowi melihat bahwa secara umum harga-harga bahan pokok mengalami penurunan di Pasar Legi.

“Kayak telur, telur sudah Rp 25 ribu, sebelumnya di atas Rp 30 ribu, bawang merah juga sama turun (jadi) Rp 26 ribu, ada yang Rp 25 ribu, kemudian bawang putih juga sama turun, Rp 24 ribu,” ujar Jokowi.

Baca juga: Lengkap Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Paling Mendasar

Selain itu, harga beras juga mengalami penurunan meskipun belum terlalu signifikan. Kepala Negara pun berharap harga beras dapat turun lebih rendah lagi seiring dengan banyaknya panen raya.

“Beras juga turun meskipun masih antara 300-400 perak tapi sudah turun. Nah, ini kalau panennya makin banyak, panen raya makin banyak, kita harapkan harganya bisa turun lagi sehingga inflasi makin kecil,” kata dia pula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com