Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2023, PLN Indonesia Power Jamin PLTU Pelabuhan Ratu Siap Pasok Listrik

Kompas.com - 13/04/2023, 15:41 WIB
Yohana Artha Uly,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT PLN Indonesia Power memastikan salah satu unitnya yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pelabuhan Ratu siap memenuhi pasokan listrik pada periode libur Lebaran 2023.

Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra mengatakan, kesiapan tercermin dari realisasi faktor kapasitas atau capacity factor (CF) pada kuartal I-2023 berada pada level 82,45 persen. Angka itu melebihi target yaitu 70,1 persen dan hari operasi pembangkit (HOP) aman di atas 18 hari.

"Kami akan pastikan pembangkit-pembangkit kami tetap andal, tidak boleh ada listrik yang mati, tidak boleh ada ibadah yang terganggu, tidak ada fasilitas umum yang boleh bermasalah listriknya,” ujar Edwin dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: PLN Operasikan PLTS Terapung Terbesar di Indonesia

Ia menuturkan, dalam beberapa hari ke depan, jajaran direksi pun akan melakukan inspeksi ke unit-unit pembangkit yang tersebar di seluruh Indonesia untuk memastikan kesiapan memasok listrik.

Hal ini mengingat PLTU Pelabuhan Ratu memiliki peran vital dan strategis untuk wilayah Jawa Barat. PLTU Pelabuhan Ratu menopang pasokan daya listrik sebesar 85 persen untuk wilayah kabupaten dan kota Sukabumi bahkan sampai area Cibinong dan Bogor.

Semantara itu, Senior Manager PLTU Pelabuhan Ratu Rizqi Priatna mengaakan, saat ini kondisi PLTU Pelabuhan Ratu dalam keadaan baik dan siap menyalurkan listrik. Selain itu, untuk mengantisipasi permintaan listrik di periode Lebaran, pasokan energi primer juga dipastikan aman.

“PLTU Pelabuhan Ratu saat ini dalam kondisi baik. Dalam menyambut hari raya Idul Fitri, kami juga pastikan pasokan energi primer aman yaitu lebih dari 18 hari," ungkapnya.

Baca juga: Catat, Ini Tarif Listrik Per kWh yang Berlaku pada April 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com