Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petrokimia Gresik Bagikan Sembako, Warga: Senang Banget, apalagi Mau Lebaran...

Kompas.com - 14/04/2023, 05:42 WIB
Hamzah Arfah,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com - Beberapa hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, PT Petrokimia Gresik, perusahaan solusi agroindustri anggota holding Pupuk Indonesia, membagikan sebanyak 12.540 paket sembako untuk warga di sekitar lokasi operasional perusahaan.

Ada beberapa kelurahan di sekitar perusahaan Petrokimia Gresik yang menjadi sasaran penyaluran bantuan paket sembako tersebut, di antaranya Kelurahan Kroman, Tlogopojok, Karangturi, Sukorame, Lumpur, Ngipik, Karangpoh, dan juga Roomo.

"Sudah diberitahu sebelumnya, kemarin saya pas di rumah terus diberitahu sama pegawai kelurahan, jika saya termasuk salah seorang yang dapat bantuan sembako," ujar Sumaiyah (60), salah seorang warga Kelurahan Kroman yang mendapat bantuan, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Antisipasi Tingginya Kebutuhan Pupuk, Petrokimia Gresik Amankan Pasokan Gas dari Lapangan JTB

Sumaiyah menambahkan, dirinya cukup bersyukur menjadi salah seorang penerima paket bantuan sembako dari Petrokimia Gresik dalam kesempatan kali ini. Terlebih, tidak lama lagi bakal Hari Raya Idul Fitri, di mana Sumaiyah cukup membutuhkan bantuan tersebut.

"Senang banget, apalagi ini Bulan Ramadhan yang sebentar lagi Lebaran," ucap Sumaiyah.

Sumaiyah mengaku, perekonomian keluarganya pada saat ini sedang kurang bagus. Sementara suaminya hanya pekerja lepas, yang sudah pasti tidak mendapat tunjangan hari raya (THR) layaknya karyawan atau pegawai kantoran. Sehingga, Sumaiyah bersyukur bahwa dirinya termasuk warga yang mendapat bantuan paket sembako.

Baca juga: Mendag Peringatkan Pelaku Usaha Jangan Timbun dan Mainkan Harga Sembako

Senada dengan Sumaiyah, Istiqomah (44), warga Kelurahan Lumpur yang turut mendapatkan bantuan paket sembako dari Petrokimia Gresik, juga mengaku senang dan bersyukur atas bantuan yang diterima. Sebab, bantuan yang diterima dirasa datang pada saat yang tepat bagi dirinya.

"Senang pastinya. Ini juga kan mau Lebaran, jadi cukup pas kalau menurut saya. Semoga ke depan akan lebih banyak bantuan yang diberikan oleh Petrokimia Gresik kepada masyarakat sekitar perusahaan, terutama bagi mereka yang membutuhkan," kata Istiqomah.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Petrokimia Gresik Siapkan Stok Pupuk Bersubsidi 294.466 Ton

Program TJSL

Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, pemberian bantuan sebanyak 12.540 paket sembako untuk warga di sekitar lokasi perusahaan yang dipimpin olehnya merupakan kewajiban sebagai bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan BUMN kepada masyarakat.

"Adalah kewajiban kami, karena kami tumbuh dan beroperasi di tengah warga. Kami juga mendapat tugas, bagaimana berkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan TJSL. Ini kalau tidak disampaikan, pertama kami salah, yang kedua dengan adanya ini kami bisa bersilaturahim langsung ke warga," tutur Dwi Satriyo.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com