Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah Suku Cadang, Boeing Bakal Kurangi Produksi dan Pengiriman 737 Max

Kompas.com - 14/04/2023, 11:30 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

NEW YORK, KOMPAS.com – Perusahaan pembuat pesawat, Boeing berencana menurunkan jumlah produksi dan pengiriman pesawat 737 Max. Hal ini dilakukan karena masalah suku cadang non standar yang dibuat oleh pemasok Spirit AeroSystems.

Boeing mengatakan suku carang non standar yang digunakan untuk bagianbelakang badan pesawat memengaruhi model dari pesawat 737 Max 8, dimana pelanggan dari jenis pesawat tersebut termasuk American Airlines dan Southwest Airlines.

Masalah suku cadang ini juga mempengaruhi pesawat 737 Max 7, 737 8200 dan P-8. Boeing mengatakan masalahnya bukan berkaitan dengan keselamatan penerbangan. Boeing juga memastikan pihaknya telah berdiskusi dengan Administrasi Penerbangan Federal tentang masalah ini, dan memeriksa dengan rinci kebutuhan badan pesawat sesuai kebutuhan.

“Keselamatan langsung dari penerbangan dan armada dalam layanan dapat terus beroperasi dengan aman,” mengutip pernyataan Boeing dari CNBC


Baca juga: Boeing Setop Pengiriman 787 Dreamliner, Apa Sebabnya?

FAA mengatakan Boeing memberi tahu tentang masalah ini dan juga mengatakan tidak ada masalah keselamatan terkait dengan suku cadang. Namun, masalah ini kemungkinan akan memengaruhi sejumlah besar pesawat 737 Max yang tidak terkirim, baik dalam produksi maupun penyimpanan.

“Masalah ini akan berdampak pada jadwal pengiriman pesawat Max baru, yang saat ini sedang didiskusikan secara rinci, untuk tahun ini dan seterusnya,” mengutip pernyataan maskapai Southwest.

Sementara itu, maskapai United berharap tidak terdampak signifikan dalam kebijakan Boeing tersebut, terhadap kapasitas pesawatnya untuk musim panas ini atau sisa tahun 2023.

Masalah suku cadang, merupakan serangkaian masalah produksi yang menghantam Boeing saat berusaha meningkatkan produksi dan pengiriman pesawat. Sementara pelanggan menunggu pesawat jet baru untuk memanfaatkan peningkatan perjalanan.

Baca juga: Boeing Bakal Rekrut 10.000 Pekerja


Saham Boeing turun 4 persen dalam perdagangan pada hari Kamis merespon kabar masalah suku cadang tersebut. Spirit Aero Systems yang digunakan badan pesawat dalam jet Boeing mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya sudah memberi tahu Boeing tentang masalah kualitas, pada model 737.

“Spirit bekerja untuk mengembangkan inspeksi dan perbaikan badan pesawat yang terkena dampak. Kami terus berkoordinasi erat dengan pelanggan kami untuk menyelesaikan masalah ini dan meminimalkan dampaknya sambil mempertahankan fokus kami pada keselamatan,” kata perusahaan itu.

Saham Spirit Aero Systems turun hampir 8 setelah kabar tersebut mencuat.

“Kami akan melakukan pengiriman 737 MAX jangka pendek lebih rendah, karena ada beberapa pekerjaan tambahan lagi. Kami menyesalkan dampak masalah ini terhadap pelanggan dan mengganggu jadwal pengiriman,”kata Boeing dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan memberikan informasi tambahan dalam beberapa hari dan minggu ke depan terkait dampak pengiriman,” ujar pernyataan resmi Boeing.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com