Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Bulog: Penyaluran Bansos Beras Capai 35 Persen

Kompas.com - 14/04/2023, 21:17 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perum Bulog memastikan realisasi penyaluran bantuan sosial (bansos) beras sudah mencapai 35 persen sejak akhir Maret 2023 hingga saat ini. Hal itu saat disampaikan Direktur Umum Perum Bulog Budi Waseso saat meninjau pelaksanaan operasi pasar di kawasan Bangka Raya, Jakarta, Jumat (14/4).

“Dari akhir Maret persentase sudah 35 persen tapi ini jalan terus, kita evaluasi real time dari penyalurnya ketahuan sudah berapa (tersalur),” kata Budi Waseso dilansir dari Antara.

Budi Waseso menuturkan penyaluran bansos beras akan terus berlanjut hingga Mei dan penerima akan mendapatkan beras masing-masing 10 kilogram per bulannya selama tiga bulan.

Baca juga: Urai Kemacetan Pemudik, Jasa Marga Fungsionalkan Akses Masuk Cimanggis Menuju Bogor

Bulog setidaknya membutuhkan 640 ribu ton beras untuk mencukupi kebutuhan beras bansos yang bertujuan untuk menjaga inflasi dan stabilisasi harga pada Hari Besar Keagamaan Nasional itu.

Kendati demikian, saat ini stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) tercatat baru sekitar 285.000 dengan 200.000 berasal dari penyerapan hasil panen. Oleh karena itu, pemenuhan kebutuhan beras dilakukan melalui impor beras.

Sebagaimana yang tertuang pada Surat Keputusan Kepala Bapanas (Badan Pangan Nasional) yang ditandatangani pada 24 Maret lalu, Bulog diminta untuk segera memenuhi 500.000 ton pertama dari total 2 juta.

Baca juga: Belanja hingga Tengah Malam, Lotte Mall Beri Promo Diskon 70 Persen

Meski mengaku telah menandatangani kontrak dengan beberapa negara untuk mendatangkan 500.000 ton beras, Budi Waseso belum mau mengungkapkan tanggal kedatangan beras impor tersebut.

“Karena kita menyerap dalam negeri jadi kita mengutamakan penyerapan dalam negeri dulu, kita hitung nanti kekurangannya baru kita impor,” ucapnya.

Adapun penyaluran bansos beras merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo dalam rangka menjaga stabilitas pangan dan menekan lonjakan inflasi pada momentum Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca juga: Kereta Cepat Terjerat Utang China, Siapa yang Akan Membayarnya?

 

Bansos beras mulai disalurkan kepada keluarga penerima manfaat secara bertahap sejak 30 Maret lalu dengan sistem by name by adress atau diberikan langsung ke penerima sesuai dengan data dari Kementerian Sosial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com