Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kunjungi Cold Storage di Bekasi, Mentan SYL Pastikan Stok Daging Aman

Kompas.com - 15/04/2023, 16:58 WIB
Yussy Maulia Prasetyani,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) memastikan ketersediaan daging sapi dan kerbau di beberapa wilayah di Indonesia aman hingga Lebaran.

Hal itu dia sampaikan saat mengecek ketersediaan daging sapi potong di tempat penyimpanan daging beku atau cold storage milik PT Dua Putra Perkasa Pratama di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jumat (14/4/2023).

"Saya pastikan ketersediaan daging dan sapi hidup secara hitung-hitungan saat ini dalam posisi cukup. Bahkan, sampai April ini ada over stock yang cukup, baik dari sapi bakalan (sapi potong yang diperlihara untuk waktu tertentu) yang tadi kita lihat di Bekasi maupun sapi pedaging siap potong," ujarnya melalui keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (15/4/2023).

Berdasarkan laporan yang diterima Mentan SYL, stok daging sapi dan kerbau di Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), Batam, Gresik, dan Bali, saat ini mencapai 34.874 ton.

Baca juga: Jelang Lebaran, Mentan SYL Pastikan Ketersediaan Daging Sapi Aman

Dia mengatakan, pelaporan stok daging dari pelaku usaha rutin dilakukan secara online melalui aplikasi SIMREK PKH, sehingga data stok terpantau aman dan dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk menciptakan pemerataan pasokan daging di seluruh Indonesia, pemerintah pun akan terus memperkuat posisi distribusi pasar, baik ke wiilayah Jabodetabek maupun luar pulau Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera.

Sementara itu, untuk harga, Mentan SYL mengatakan harga daging masih relatif terkendali di tingkat supplier.

Sebagai informasi, PT Dua Putra Perkasa Pratama yang dikunjungi Mentan SYL merupakan perusahaan produk pengadaan daging asal Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat.

Baca juga: Sektor Pertanian Tunjukkan Kinerja Positif, Mentan SYL Ajak Jajarannya Bersyukur

Saat ini, ketersediaan daging yang diproduksi dan diolah di perusahaan tersebut kurang lebih mencapai 15.000 ton untuk daging sapi dan 5.000 ton untuk daging ayam.

"Di perusahaan tersebut, saya pastikan (perusahaan) siap untuk membantu pemerintah dalam menyuplai daging sapi guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Masyarakat tidak perlu khawatir. Insya Allah hingga Lebaran nanti (stok daging) cukup," ujar Mentan SYL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com