Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Pekerjaan Freelance yang Paling Banyak Dibutuhkan

Kompas.com - 17/04/2023, 11:12 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com – Saat ini semakin banyak orang yang mempertimbangkan menjadi pekerja lepas alias freelancer untuk membiayai kehidupannya. Berdasarkan survei Fiverr Februari 2023 terhadap 7.121 Gen Z dari seluruh dunia, hampir setengah atau sekitar 40 persen gen Z memilih untuk menjadi freelancer sepanjang karir mereka.

Pasar kerja Upwork menyebutkan, pada tahun 2023 ini, pencari pekerja lepas mempertimbangkan beberapa hal, seperti penghasilan pekerja lepas sebelumnya, jumlah proyek yang dikerjakan, dan sebagainya.

“Bisnis membutuhkan keahlian tertentu yang perlu diselesaikan, di mana hal ini bisa dimanfaatkan pencari kerja freelance untuk terlibat,” kata Margaret Lilani, yang merupakan Wakil Presiden Solusi Bakat Upwork.

Baca juga: Freelance Kena Pajak, Bagaimana Cara Menghitung Pajak Penghasilannya?

Untuk lebih rincinya, simak 5 pekerjaan freelance yang paling banyak diminta untuk tahun 2023 menurut Upwork:

1. Full stack developer

Full stack developer adalah pekerjaan yang dilakukan untuk membangun bagian perangkat lunak dan situs web menggunakan bahasa pemrograman seperti Python, Java, HTML dan JavaScript. Mereka memastikan produk mereka memberi pelanggan pengalaman pengguna yang lancar.

Untuk jenis pekerjaan freelance, di bidang full stack developer, Upwork memperkirakan penghasilan yang didapat adalah sekitar 160 dollar AS per jam atau Rp 2,3 juta (kurs Rp 14.707 per dollar AS).

2. SEO

Optimisasi mesin pencari atau SEO adalah salah satu yang sangat dibutuhkan perusahaan saat ini untuk meningkatkan traffic situs perusahaan melalui mesin pencari seperti Google dan Bing.

Pekerja freelance itu, nantinya akan mengisi situs dengan istilah yang relevan dengan produk dan layanannya yang mencakup strategi bisnis lainnya. Ahli SEO diperkirakan akan dibayar sebanyak 250 dollar AS atau Rp 3,6 juta per jam.

3. Operator email, telepon, dan obrolan

Saat ini, tidak sedikit perusahaan yang membutuhkan freelancer untuk jabaran yang berhubungan dengan pelanggan, dan produk yang dibeli. Seperti menangani email, telepon dan obrolan dengan pelanggan untuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi. Pekerjaan seperti ini, diperkirakan akan memberikan gaji sejumlah 40 dollar AS per jam atau Rp 588.220 per jam.

4. Akuntan

Seorang akuntan akan melakukan audit dan analisa laporan klien mereka, serta menyiapkan dokumen terkait dengan pajak, serta memberikan nasihat terkait langkah penghematan biaya perusahaan. Beberapa dari pemberi kerja juga membutuhkan sertifikasi CPA untuk dipekerjakan.

Akuntan di Upwork memperkirakan bayaran untuk seorang akuntan freelance adalah 150 dollar AS per jam atau Rp 2,2 juta.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com