Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik Lebaran, Kemenkes Siapkan Ambulans Motor hingga Posko Kesehatan

Kompas.com - 18/04/2023, 12:26 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas, posko kesehatan, hingga ambulans motor dalam rangka melayani para pemudik tahun ini.

Dilansir dari laman resmi Kemenkes, ada sebanyak 2.074 posko kesehatan di sepanjang jalur mudik dan 352 unit ambulans motor Public Safety Center.

Jumlah posko kesehatan yang didirikan di jalur mudik ini akan terus bertambah. Posko kesehatan disiapkan di rest area tol, exit tol, jalan arteri, tempat-tempat ibadah, dan tempat wisata.

Selain itu, sebanyak 10.374 puskesmas dan 3 ribuan rumah sakit di Indonesia disiagakan untuk melayani para pemudik.

Baca juga: 5 Ruas Tol yang Mendapatkan Diskon Tarif 20 Persen Saat Mudik Lebaran

Pelayanan kesehatan medik dasar

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan, pelayanan yang dilakukan di posko kesehatan berupa layanan kesehatan medik dasar.

Jika para pemudik membutuhkan rujukan, maka akan dilakukan evakuasi oleh ambulans yang sudah tersedia di posko kesehatan.

“Nantinya setiap posko kesehatan akan melaporkan pendataan dari pemudik yang berkunjung, supaya bisa dilihat jika ada peningkatan tren penyakit,” jelas Maxi dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Selasa (18/4/2023).

Ia menambahkan, petugas di posko kesehatan akan berjaga selama 24 jam dengan sistem shifting.

Baca juga: Daftar Tarif Tol Trans Jawa Saat Arus Mudik Lebaran 2023

Ambulans motor

Sementara itu, ambulans motor akan dikendarai oleh para tenaga kesehatan. Ambulans motor ini disiapkan di masing-masing kabupaten/kota terutama di jalur mudik.

Pengadaan ambulans motor ini berkaca dari pengalaman sebelumnya, di mana banyak pemudik yang membutuhkan pertolongan pertama kesehatan.

“Ambulans motor menjadi pilihan yang tepat untuk menjangkau pemudik di jalut mudik. Kendaraan tersebut dikemudikan oleh tenaga kesehatan agar bisa memberikan pelayanan kesehatan dan bisa memberikan pengobatan,” tutur Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes dr. dr. Yanti Herman, MH.Kes.

Baca juga: 2 Cara Cek Tarif Tol Secara Online Tanpa Aplikasi

Kemenkes juga sudah melepaskan tim pemantauan posko kesehatan mudik, yang memantau tiga jalur mudik, yaitu jalur Jakarta-Surabaya, jalur Jakarta-Palembang, dan jalur Surabaya-Banyuwangi-Denpasar.

Para pemudik diimbau dalam kondisi sehat dan prima, serta memanfaatkan rest area yang ada untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan pulang ke kampung halaman masing-masing.

Baca juga: Tol Solo-Klaten Dibuka Fungsional untuk Mudik, Bisa Dilalui Pukul 07.00-17.00 WIB

Baca juga: Bersiap Mudik, Ini Daftar Tarif Tol Trans Jawa Tahun 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com