Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertagas Pastikan Distribusi Minyak Mentah Sumsel Aman, Pasca-Kebakaran di Booster Station Km 77

Kompas.com - 18/04/2023, 16:59 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Gas (Pertagas), Subholding Gas Pertamina, memastikan distribusi minyak mentah di wilayah Sumatera Selatan berjalan dengan baik dan aman, pasca-kebakaran slop tank di Booster Station Km 77 pada Minggu (16/04/2023) sore.

Direktur Utama Pertagas, Gamal Imam Santoso membeberkan, untuk mengatasi insiden tersebut pihaknya melakukan upaya-upaya yang terbagi dalam tiga kegiatan besar, yaitu pemulihan operasi, investigasi dan perbaikan preventif.

1. Pemulihan

Untuk tindakan pemulihan fasilitas operasi telah dilaksanakan dan saat ini sudah mencapai rate penyaluran 550 Barells Oil Per Hour (BOPH) dari target 600 BOPH.

Dalam jangka waktu 5 jam paska kejadian, pada Minggu malam (16/04/23), Pertagas sudah kembali mengoperasikan Booster Station Km 77, setelah diselesaikannya hydrocarbon spill cleaning.

“Setelah dilakukan pengecekan dan melewati berbagai tahapan dan mitigasi safety, pompa sudah diaktivasi kembali untuk menyalurkan minyak mentah ke konsumen di wilayah Sumatera Selatan," ujar Gamal melalui keterangannya, Selasa (18/4/2023).

Baca juga: Pasca-kebakaran Slop Tank, Booster Station Km 77 Pertagas Banyuasin Kembali Beroperasi

2. Investigasi

Terkait penyebab kejadian, saat ini tengah dilakukan investigasi dan tim investigasi sudah turun ke lapangan untuk melakukan pengambilan data dan analisa root cause kejadian.

”Kami juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan untuk proses investigasi lanjutan”, lanjut Gamal.

3. Preventif

Untuk mencegah kejadian terulang, Pertagas akan segera melakukan kajian dengan pihak eksternal terkait aspek Health Safety Security & Environment (HSSE) untuk kegiatan operasi dan telah berkomunikasi dengan stakeholder terkait untuk mendapatkan dukungan.

Baca juga: Buka-bukaan Pertamina soal Kebakaran di Kilang Dumai

Tidak berdampak signifikan

Booster Station KM 77 merupakan salah satu pompa yang dioperasikan oleh Pertagas untuk menyalurkan minyak mentah yang dihasilkan oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) diwilayah Tempino Ramba dan Bantayan melalui jaringan pipa ruas Tempino-Plaju berdiameter 8 inchi sepanjang 262 KM untuk mengalirkan minyak bumi ke berbagai konsumsen di Sumatera Selatan.

Sebelumnya, Manager Communication, Relations & CSR Pertagas, Imam Rismanto mengatakan, kebakaran di area tangki penampungan atau slop tank pada Minggu (16/4/2023) pukul 15.27 WIB itu telah dipadamkan pada pukul 16.24 WIB berkat respons cepat tim Pertagas yang bertugas di lokasi.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com