Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Ini 4 Cara Mencari Uang secara Online dengan Memanfaatkan Internet

Kompas.com - 20/04/2023, 19:02 WIB
Nada Zeitalini Arani,
Aditya Mulyawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi internet berkembang pesat sehingga banyak orang bisa mencari uang secara online untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup. Pasalnya, bekerja dan berpenghasilan secara online dirasa lebih mudah dan praktis karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Namun, beberapa orang masih bingung dalam memanfaatkan internet untuk mendapatkan penghasilan. Nah, artikel ini akan menjelaskan panduan mencari uang secara online agar Anda bisa mendapatkan penghasilan cukup dengan bermodalkan internet.

Berikut adalah empat cara mencari uang online dengan modal kecil yang bisa Anda lakukan.

1. Survei online

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah mengikuti survei online. Ada banyak perusahaan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang menawarkan survei online di internet.

Ilustrasi survei online Unsplash.com Ilustrasi survei online

Cara mencari uang online tersebut mengharuskan Anda mengisi beberapa layanan survei oleh perusahaan atau lembaga tertentu. Nah, setelah mengisi sesuai ketentuan, maka Anda akan mendapatkan bayaran.

2. Menulis artikel atau blog

Di Google, Anda dapat mengeksplorasi dan mencari berbagai ilmu untuk mengasah skill menulis. Kesempatan ini bisa Anda jadikan untuk bisa mendapat penghasilan online dari menulis artikel atau blog. Copywriting, UX writing, dan search engine optimization (SEO) writing, kini menjadi skill yang menjanjikan di dunia penulisan online.

Ada beberapa cara untuk bisa mengelola tulisan online Anda menjadi sumber penghasilan. Pertama, bergabung menjadi penulis jasa penulisan artikel online atau bekerja sebagai penulis artikel freelance di suatu perusahaan. Nantinya, Anda akan dibayar sesuai kualitas hasil tulisan.

Ilustrasi menulisUnsplash.com Ilustrasi menulis

Cara mencari uang online dengan menulis juga bisa dilakukan dengan mengoptimalkan blog pribadi. Blog yang dikelola secara SEO dan Adsense akan menguntungkan. Namun, prosesnya tidak instan, butuh waktu satu tahun untuk membangun blog yang siap menghasilkan uang.

3. Menjadi influencer di media sosial

Menjadi influencer di media sosial menjanjikan untuk mendapatkan uang secara online. Keuntungan yang didapatkan dengan cara ini cukup besar. Sebab, dalam sehari, Anda bisa mereview beberapa brand sekaligus.

Ilustrasi influencer Unsplash.com Ilustrasi influencer

Menjadi influencer adalah semacam aktivitas marketing lepas yang bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja dengan cara-cara yang kreatif ala selebritas. Saat ini, banyak perusahaan yang membutuhkan influencer untuk membantu mempromosikan produk.

Yuk, rapikan media sosial Anda, seperti meningkatkan jumlah pengikut serta mulai membuat konten berkualitas agar menarik minat perusahaan.

4. Menjual produk dan jasa

Cara paling sering yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang dari aktivitas online adalah menjual suatu produk maupun jasa. Anda bisa mempromosikan suatu produk di media sosial pribadi atau bisnis yang membantu usaha marketing menjadi lebih mudah dan hemat.

Ilustrasi menjual produk secara onlineUnsplash.com Ilustrasi menjual produk secara online

Kemudian, cara mencari uang online tanpa modal bisa Anda lakukan dengan menjual jasa. Promosikan jasa pelatihan dari skill yang Anda miliki di media sosial. Anda hanya perlu mempersiapkan model pelatihan online yang efektif dan menarik.

Baca juga: 7 Tips Sukses Membangun Bisnis Online untuk Pemula

Itulah empat cara mencari uang secara online yang bisa dilakukan. Fasilitas teknologi yang terus berkembang membuat Anda lebih mudah untuk mendapatkan penghasilan secara online. Bahkan, pendapatan ini bisa dijadikan penghasilan utama.

Cukup dari smartphone Anda bisa mulai dari sekarang. Yuk, coba cara mencari uang online.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com