Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

H-2 Lebaran, Lebih dari 768.000 Pemudik Lewati Pelabuhan Pelindo

Kompas.com - 21/04/2023, 12:04 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo mencatat lebih dari 768.000 orang telah melewati 63 terminal penumpang yang dikelola perusahaan selama menjelang H-2 Lebaran.

Group Head Sekretariat Pelindo Ali Mulyono mengatakan, jumlah tersebut meningkat 28 persen dibanding tahun lalu dengan periode yang sama sebanyak 598.000 pemudik.

"Jumlah pemudik tertinggi yang dipantau sejak H-15 lebaran terjadi pada Rabu, 18 April 2023 (H-4) sebanyak 86.686 orang telah melewati Pelabuhan Pelindo," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/4/2023).

Baca juga: Antisipasi Macet Mudik Lebaran, Tol Jakarta-Cikampek Bertambah Jadi 4 Lajur

Dia merincikan, jumlah pergerakan pemudik via transportasi laut melalui lima terminal penumpang dengan arus terbanyak, yaitu Terminal Penumpang Tanjung Perak 83.741 orang, Tanjung Pinang 78.678 orang, Tanjung Balai Karimun 46.065 orang, Makassar 45.887 orang, dan Balikpapan 36.472 orang.

Jumlah arus kendaraan juga tercatat sebanyak 95.456 unit telah melewati Terminal RORO yang dikelola oleh Pelindo. Selama 15 hari pemantauan, dia bilang, jumlah pergerakan kendaraan terus meningkat hingga saat ini.

Rata-rata didominasi dari Terminal RORO di Pelabuhan Banten sebanyak 36.407 unit, Tanjung Perak 14.513 unit, Lembar 7.881 unit, dan Balikpapan 6.152 unit.

"Kami telah menyiapkan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2023 bersama seluruh stakeholder instansi kepelabuhanan yang beroperasi selama 24 jam, jika Pemudik ada keluhan atau ingin mendapatkan berbagai informasi terutama terkait kedatangan dan keberangkatan kapal bisa langsung mengunjungi Posko tersebut," ucapnya.

Sejumlah upaya telah disiagakan untuk menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan pemudik, antara lain melakukan peningkatan koordinasi dengan berbagai instansi kepelabuhanan melalui posko bersama, penambahan tenaga pengamanan BKO, kesiagaan layanan kesehatan, ruang tunggu penumpang tambahan, dan toilet portable.

Di samping itu, dalam mengurangi kepadatan antrean pada rute penyebrangan Merak-Bakaheuni, Pelindo kembali membuka Pelabuhan Ciwandan di Banten dan Pelabuhan Panjang di Lampung untuk melayani rute kapal penyebrangan.

Ribuan pemudik menggunakan sepeda motor melalui Pelabuhan Ciwandan di Banten telah tiba di Pelabuhan Panjang di Lampung untuk pertama kalinya pada dua hari menjelang (H-2) Lebaran tahun 2023.

Sedangkan untuk kendaraan berupa truk yang turun ke Pelabuhan Panjang total selama tiga hari terakhir sebanyak 542 unit dan yang berangkat menuju Pelabuhan Ciwandan ada 139 unit.

"Berbagai fasilitas pendukung telah kami sediakan di area Pelabuhan Ciwandan untuk membuat para pemudik motor mendapatkan pengalaman perjalanan mudik yang aman dan nyaman antara lain ruang tunggu dilengkapi fasilitas pendingin udara, ruang laktasi bagi ibu menyusui, tempat bermain anak, dan toilet portable yang tersebar di sudut area parkir motor dan jalan masuk menuju dermaga," tuturnya.

Baca juga: Puncak Mudik Lebaran 2023, AP I Layani 238.111 Penumpang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com